POLITIK

Malaka Harus Dipimpin Figur Cerdas dan Memiliki Akses Luas

BETUN, KilasTimor.com-Kabupaten Malaka sebagai Daerah Otonomi Baru, harus dipimpin figur yang cerdas dan memiliki akses luas guna percepatan pembangunan wilayah ini. Figur Malaka kedepan juga harus berwawasan internasional karena letak wilayah ini berbatasan langsung dengan dua negara yakni Australia dan Timor Leste. Karena itu, penting nmemilih wajah baru yang memiliki kemampuan memimpin dan membangun.

“Kalau muka lama masyarakat sudah tau track recordnya dan dipastikan akselerasi pembangunan di wilayah ini akan jalan tersendat-sendat,” sebut tokoh masyarakat Malaka, Emanuel Seran dalam diskusi terbatas bersama wartawan di Betun, Sabtu (25/4).

Masyarakat katanya, harus bisa menjatuhkan pilihan tepat terhadap figur yang maju atau diusung dan dipilih masyarakat. “Saya lihat semua figur yang maju kali ini adalah kader Malaka. Tetapi kita harus cerdas menentukan pilihan terhadap figur terbaik dari semua figur yang maju kali ini. Kita jangan hanya melihat apakan dia ada massa atau tidak, tetapi kita juga harus melihat apakah figur itu bisa membawa masyarakat Malaka keluar dari bentuk keterpurukan, yang dihadapi seperti kemiskinan, keterbelakangan karena SDM yang kurang terampil, ketersediaan lapangan pekerjaan dan persoalan pembangunan lainnya,” timpalnya.

Malaka yang berbatasan langsung dengan dua negara yakni Timor Leste dan Australia paparnya, harus dipimpin figur yang memiliki wawasan internasional. Kalau pemimpin yang biasa-biasa saja, maka Malaka mundur satu langkah.
Kita jangan terjebak dalam isu primordial sempit, yang justru akan memasung langkah kita untuk maju. Dari semua figur baik Malaka yang maju kali ini kita harus memilih satu yang terbaik. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap berbagai figur yang berniat maju, dalam pilkada kali ini. Saya sarankan supaya muka-muka lama ditinggalkan sementara, dan berikan kesempatan kepada figur dan kader-kader Malaka yang selama ini belum memimpin, tetapi memiliki kemampuan, memiliki akses untuk menjawab semua kebutuhan warga Malaka,” cetusnya.

Malaka ungkapnya, baru mau membangun sehingga butuh figur-figur yang cerdas, visioner dan punya akses. “Saya minta kepada semua figur yang mau maju di Malaka, untuk melakukan sosialisasi secara optimal kepada masyarakat supaya mereka paham betul visi, misi dan program yang diusung. Kita jangan tipu masyarakat dengan trik-trik murahan dan tidak bertanggung jawab karena tidak akan mengeluarkan Malaka dari semua bentuk keterpurukan yang terjadi.

Kalau para figur cinta Malaka, maka mereka harus ungkapkan rencana mereka membangun Malaka saat sosialisasi dengan masyarakat akar rumput. Ini bentuk pendidikan politik yang bagus, kepada masyarakat dan setiap figur harus bisa berdialog dengan masyarakat terkait apa yang dilakukan saat terpilih kelak. Kalau rencana itu berjalan maka para figur memberikan pendidikan politik yang benar kepada masyarakat sekaligus meletakkan fondasi yang kuat bagi pembangunan politik di Malaka sekaligus meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilu, walau kita baru pertama melaksanakannya,” tuntasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top