EKONOMI

Menkop UKM Diharapkan Bawa Perubahan Bagi Koperasi di Kota Kupang

Kupang, KilasTimor.com-Kehadiran Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Mengkop UKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga bersama rombongan ke Kota Kupang, diharapakn membawah dampak positif bagi koperasi dan UKM di Kota Kupang.

Demikian dikatakan Walikota Kupang, Jonas Salean, dalam sambutan pada saat menerimah Menteri Koperasi dan UKM RI di alun-alun Balai kota, Senin (27/4/2015).

Dia mengatakan, mengatakan, saat ini Kota Kupang menjadi kota dengan jumlah koperasi terbanyak di NTT, yakni dengan jumlah koperasi aktif sebanyak 424, dan yang tidak aktif sebanyak 98 koperasi.

Selain itu, lanjut Jonas, Kota Kupang juga memiliki UKM yang cukup banyak, yakni berjumlah 16.450. Dengan jumlah koperasi dan UKM tersebut, merupakan salah satu bentuk dukungan Kota Kupang dalam menyukseskan program prioritas Gubernur NTT, Frans Leburaya, menjadikan NTT sebagai Provinsi Koperasi.

“Dalam mendukung pertumbuhan koperasi dan UKM di Kota Kupang, pemerintah bersama DPRD Kota telah menetapkan program pro rakyat, yakni dengan menyalurkan bantuan dana pemberdayaan ekonomi masyarakat, atau PEM sebesar Rp 500 juta masing-masing kelurahan di Kota Kupang. Dan dana tersebut akan ditingkatkan menjadi sebesar Rp 1 miliar untuk setiap kelurahan pada tahun 2016 mendatang,” katanya.

Dia mengaku, saat ini Pemerintah Kota Kupang masih mengalami kendala, dalam meningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara maksimal, karena masih kurangnya modal dalam membantu meningkatkan usaha para pelaku koperasi dan UKM di Kota Kupang. Disamping itu, minim tempat pelatihan yang memadai bagi para pelaku dan pengurus atau pengawas koperasi dan UKM, serta masih rendahnya pemanfaatan teknologi dan informasi dalam manajemen pengolahan koperasi serta pemasaran hasil produk dari koperasi dan UKM.

Baca Juga :   Ketua Poktan Taroi: Terima Kasih Bupati Malaka. RPM Harus Dilanjutkan

Sementara itu, Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnoni yang juga hadir dalam mendampingai Menteri Koperasi dan UKM , mengaku kehadiran Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, untuk melihat secara langsung kegiatan dan perkembangan kopersasi di kota ini. “Kami dari pemerintah daerah NTT memberikan apresiasi kepada Menteri Koperasi dan UKM sudah berkunjung ke NTT, untuk melihat secara langsung perkembangan koperasi didaerah ini,” katanya
Dia juga mengharapkan, luncuran program yang telah dilakukan dan diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, tidak hanya dinikmati oleh para pengurus, namun dapat diakses anggota koperasi dan UKM, agar perekonomian masyarakat dapat berkembang. (rif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top