EKONOMI

Menteri BUMN Bantah Lego Empat BUMN

JAKARTA, KilasTimor.com-Empat perusahaan negara dikabarkan bakal dijual oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Empat BUMN tersebut yakni Jasa Marga, Aneka Tambang (Antam), Waskita Karya, dan Adhi Karya.

Namun kabar tersebut langsung dibantah Menteri BUMN Rini Soemarno. Menurutnya, ada salah pengertian tentang apa yang telah ia sampaikan terkait dana suntikan penyertaan modal negara (PMN).

“Siapa yang mau ngejual? Saya rasa ada salah pengertian. Kemarin kami meminta penyertaan modal negara (PMN), nah PMN itu beberapa hal yang kami lakukan dengan beberapa perusahaan. Ada empat perusahaan yang kami mintakan penyertaan modalnya, yang pada dasarnya sudah perusahaan publik,” kata Rini saat di temui di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (10/4).

Perusahaan-perusahaan tersebut, sambung Rini akan didorong untuk melakukan pengembangan. Untuk Waskita, Jasa Marga dan Adhi Karya misalnya, Rini menyebut bakal difokuskan untuk pembangunan infrastruktur. Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Rini harus dibantu melalui pasar modal terlebih dulu atau penerbitan saham baru (right issue).

“Karena mereka sudah merupakan perusahaan publik, kalau kita mau menyertakan modal negara, itu harus melalui pasar modal. Dikeluarkan saham baru, yang kemudian diambil oleh pemegang saham. PMN ini memastikan bahwa kepemilikan negara tidak akan berkurang malah kemungkinan besar akan bertambah. Itu dasarnya. Jadi ada salah pengertian,” jelasnya.

“Justru dengan kita meminta penyertaan modal dan melakukan right issue supaya kepemilikan negara tetap jumlah kepemilikannya. Apakah itu 60 persen, atau 65 persen ataupun lebih bertambah besar,” imbuh Rini. (fed)

Baca Juga :   Pejabat Eksekutif dan Legislatif Diminta Kunjungi Destinasi Wisata di Malaka
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top