EKONOMI

Perluas Kemitraan, Garuda Indonesia Gaet Empat Bank Swasta

JAKARTA, KilasTimor.com-Setelah bekerjasama dengan tiga bank pada Februari 2015, PT Garuda Indonesia kini memperluas kemitraan lindung nilai (hedging) dengan empat bank swasta sekaligus. Yakni, PT Bank Internasional Indonesia, PT Bank Mega, ANZ Indonesia dan Standard Chartered Bank Indonesia.

Kemitraan lindung nilai tersebut dilakukan melalui mekanisme cross currency swap tahap dua oleh empat bank dengan total nilai Rp 1 triliun. Sesuai porsinya, keempat bank itu akan membayarkan kewajiban Garuda Indonesia, selaku penerbit obligasi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo menjelaskan, transaksi cross currency swap merupakan bagian dari strategi Quick Wins perseroan untuk rebound di tahun 2015. Nah, dengan transaksi tersebut, Garuda dapat mengurangi risiko melonjaknya biaya operasional akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Adapun efisiensi dari transaksi cross currency swap tahap dua ini dilakukan selama masa tenor 3,3 tahun. Totalnya, diperkirakan mencapai sebesar USD 16,4 juta. Di samping itu, kerjasama ini juga sebagai bentuk komitmen Garuda untuk menindaklanjuti imbauan pemerintah,terkait kebijakan umum dalam transaksi lindung nilai BUMN.

Sementara itu, Presiden Direktur BII Taswin Zakaria mengatakan, kemitraan ini merupakan wujud nyata dukungan industri perbankan kepada korporasi. Khususnya, BUMN dalam mengelola pinjaman khususnya dalam memitigasi risiko nilai tukar. (net)

Baca Juga :   Minim, Pemkab Malaka Diminta Tambah Tenaga PHP
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top