TIMOR

Peserta Jamkesda Kota Kupang Tahun 2015 Meningkat

KUPANG, KilasTimor.com-Peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Kota Kupang, sampai tahun 2015 meningkat draktis. Hal ini terbukti dengan data yang tercatat di Dinas Kesehatan Kota Kupang, sudah mencapai 217 ribu jiwa, sejak diluncurkan Kartu Jamkesda pada tahun 2008 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kota Kupang, dr. Ary Wijana mengatakan hal ini kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Kupang, Selasa (28/4/2015).

Dia mengaku, peserta Jamkesda di Kota Kupang yang berjumlah 217 ribu orang, terdiri dari kalangan tidak mampu, dan marginal di Kota Kupang. Tujuan diberikannnya kartu Jamkesda dari Pemerintah Kota Kupang kepada masyarakat tersebut yakni mempermudah masyarakat Kota Kupang mendapat layanan kesehatan secara gratis dan bermutu dari Pemerintah.

“Sudah menjadi tanggungjawab dari pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan gratis. Kesehatan menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus menjadi perhatian dari pemerintah,” katanya.

Selain Jamkesda, lanjutnya, pada tahun 2015 ini, Pemerintah Kota Kupang akan menambah lagi satu unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), untuk melayani masyarakat. Puskesmas tersebut berada diwilayah Kelurahan Manutapen, Kecamatan Alak. Direncanakan Puskesmas itu akan diresmikan pada bulan agustus 2015 mendatang, atau diresmikan pada saat hari kesehatan sedunia.

Dia mengaku,secara fisik bangunan telah rampung 100 persen dikerjakan, dengan konstruksi bangunan dua lantai. Puskesmas ini nantinya akan dijadikan Puskesmas paling mewah dari seluruh Puskesmas yang ada. “Saat ini Puskesmas yang berjumlah 10 Puskesmas dikota ini rata-rata model bangunannya satu lantai. Hanya Puskesmas Manutapen yang menggunakan konstruksi bangunan dua lantai,” ujarnya. (rif)

Baca Juga :   Kapolsek Malaka Tengah Imbau Warga Kibarkan Bendera dan Umbul-umbul
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top