HUKUM & KRIMINAL

Polri dan PNTL Sepakat Berantas Kejahatan Lintas Negara

ATAMBUA, KilasTimor.com-Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Polisi Nasional Timor Leste (PNTL) menyepakati kerja sama dalam pencegahan dan pemberantasan kejahatan lintas negara di wilayah perbatasan RI-RDTL, serta pengembangan lembaga Kepolisian.

Kerja sama dibidang Kepolisian dua negara itu ditindaklanjuti dengan kegiatan join border police meeting RI-RDTL, yang diselenggarakan Polri diwakili Polda NTT bersama PNTL, Jumat (24/4) di Hotel King Star, Kabupaten Belu, Timor Barat, NTT.

Menurut Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) NTT Kombes Pol, Sumartono Johanan, pertemuan ini tindaklanjut dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antar Kepolisian dua negara pada tahun 2012 lalu di Jakarta.

Pertemuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama dengan melakukan pertukaran informasi dan pengelamalan melalui pendidikan dan pelatihan serta kegiatan operasional.

“Tujuan pertemuan ini untuk menjamin keamanan dan kemajuan kedua negara. Selain itu juga menginventarisir masalah-masalah actual dan menemukan solusi praktis dengan pendekatan pengamanan perbatasan dan meningkatkan hubungan baik kedua negara, maupun antar Kepolisian,” jelas Johanan.

Dikatakan, tingkat kejahatan baik kriminalitas, penyelundupan, pencurian dan narkotika di wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste sangat tinggi. Setidaknya dengan pertemuan hari ini, Kepolisian dua negara mendapatkan solusi untuk mengatasi kejahatan yang terjadi di wilayah perbatasan kedua negara.

Sementara itu Wakil Kepala Kepolisian Timor Leste, Comissario, Faustino Da Costa mengemukakan, melalui pertemuan join border hari ini, diharapkan dapat meningkatkan hubungan antar negara serta menjalin kerja sama di bidang kepolisian yang lebih baik lagi.

“Kita harap dengan pertemuan ini, dapat mengurangi kasus-kasus kejahatan yang terjadi selama ini. Dan juga bisa dapat solusi, agar kasus-kasus lalu yang ada bisa teratasi,” ucap Da Costa. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top