TIMOR

Abrasi, TNI-Masyarakat Hijaukan Pantai Perbatasan Metamauk Kobalima

BETUN, Kilastimor.com-Penghijauan lepas pantai perbatasan Metamauk-Desa Alas Selatan, Kecamatan, Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, NTT, kembali digelar.
Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Motamasin bekerja sama dengan Danramil 1605-05 Kobalima, serta warga perbatasan Desa Alas Selatan secara melakukan kegiatan penghijauan di Pantai Metamauk yang selama ini mulai terkikis air laut.

Penghijauan bersama itu dimaksud untuk memelihara kawasan pantai yang sudah mulai terancam abrasi dan juga dalam menyongsong peringatan HUT Kodam IX Udayana, yang akan dirayakan pada 27 Mei mendatang.

Demikian disampaikan, Danki Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Motamasin, Kapten (Inf) Arief Candra Gunawan kepada wartawan di Metamauk, Sabtu (9/7).

“Kami bekerjasama dengan komandan dan anggota Koramil 1605-05 Kobalima, bersama warga Alas Selatan untuk mengadakan penghijauan di wilayah pesisir Pantai Metamauk. Kami tanam pohon Trembesi guna melindungi pantai dari abrasi. Kita libatkan warga Desa Alas Selatan supaya mereka terlibat secara langsung dan menyadari akan pentingnya penghijauan di wilayah pantai, serta ikut menjaga dan merawat pohon-pohon yang ditanam itu,” ujarnya.

Danramil 1605-05 Kobalima, Kapten (Inf), Martinus Benu kepada wartawan mengatakan pelaksanaan kegiatan itu sangat positif. “Kita sesama anggota TNI yang bertugas di Perbatasan bisa membangun saling pengertian dan kerja sama yang lebih baik. Kehadiran warga masyarakat saat pelaksanaan kegiatan penghijauan di Pantai Metamauk menandakan bahwa selama ini benar-benar ada kerja sama yang baik antara TNI dan masyarakat. Itu hal positif yang harus tetap dibangun kedepan supaya kebersamaan TNI dengan masyarakat tetap padu, di wilayah perbatasan,” tandasnya.

Baca Juga :   Bupati Malaka: Siswa Pelapor Guru Curang Dapat Beasiswa

Kades Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Adam Ch.Fahik kepada wartawan mengatakan kerja sama TNI-Masyarakat dalam berbagai dimensi kehidupan, tetap harus dibangun dan ditingkatkan. “Penghijauan di wilayah pantai Metamauk yang melibatkan masyarakat sangat penting untuk menjaga lingkungan pantai di wilayah perbatasan. Masyarakat hadir supaya mereka tetap termotivasi menanam pohon dan menjaga lingkungan,” pungkasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top