RAGAM

Benih, Pupuk dan Dukungan Penyuluh Perlu Diperhatikan

BETUN, Kilastimor.com-Ada 3 persoalan pokok dalam merevitaslisasi pertanian, guna mengembalikan Malaka sebagai lumbung pangan. Tiga persoalan itu antara lain, ketersediaan benih, Pupuk dan dukungan/kualitas penyuluh lapangan.

Bila dipilih dan dipercaya rakyat untuk memimpin Malaka, maka ketiga hal itu akan menjadi prioritas perhatian untuk dituntaskan. Penegasan itu disampaikan bakal calon bupati Malaka, Herman Seran kepada wartawan di Besikama, Kamis (7/5).

“Selama seminggu terakhir, saya bertatap muka dengan petani, penyuluh pertanian dan pemerhati pertanian di Malaka, dalam rangka penyerapan aspirasi tentang program revitaslisasi pertanian untuk mengembalikan Malaka sebagai lumbung pangan. Dari hasil diskusi tersebut muncul persoalan di kalangan petani kita, yakni ketersediaan benih dan pupuk,” ujarnya.

“Solusi yang dapat ditawarkan yakni dengan penyediaan benih formula satu disaat musim tanam. Untuk mengatasi kelangkaan pupuk sebaiknya di Malaka didorong untuk mengembangkan pupuk organik, guna mengurangi ketergantungan petani pada pupuk anorganik sekaligus menyiapkan Malaka sebagai Kabupaten Produk pupuk organik,” tukasnya.

“Dalam diskusi dengan petani, ditemukan juga persoalan krusial, yaknidukungan dan kualitas penyuluh lapangan, sebagai ujung tombak pemberdayaan petani,” imbuhnya.

“Mereka perlu didukung secara memadai dan apabila saya terpilih maka akan saya akan jadikan mereka dalam satu kantor pelaksanaan penyuluhan meliputi pertanian, peternakan, kehutanan, perkebunan dan industri,” tambahnya.

“Mereka harus mendapatkan fasilitas kantor yang cukup dan program pelatihan yang sistimatis, agar bisa memiliki skill yang memadai dan bisa mengikuti perkembangan jaman,” tandasnya. (0ni).

Baca Juga :   Wali Kota Kupang Ambil Sumpah 114 Pejabat Eselon III
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top