EKONOMI

Herman Seran: Penting Libatkan Diaspora Malaka Dalam Membangun Daerah

BETUN, KilasTimor.com-Ide brilian kembali diletupkan kandidat Bupati Malaka. Salah satunya, tentang pelibatan warga diaspora Malaka di perantauan untuk turut membangun Malaka.

Baginya, walaupun berdomisili jauh dari kampung halaman, namun hal itu tidak menjadi penghambat partisipasi ‘Rai Oan Malaka’ membangun wilayahnya. Program diaspora Malaka Pulang Kampung, bisa dikemas dengan memanfaatkan momentum Hamis sebagai agenda pariwisata Kabupaten Malaka.

“Semua warga Diaspora Malaka hendaknya diikutsertakan dalam menyumbang pikiran, demi pembangunan DOB tersebut. Ide pelibatan dispora Malaka pulang kampung, penting dijalankan,” cetus Herman Seran kepada wartawan media ini, Minggu (3/5).

Dikatakan, dirinya sering membangun komunikasi dengan Diaspora Malaka yang menyebar di seluruh dunia, dan dari diskusi terbesit kerinduan memberikan sumbangsih kepada Malaka, namun tidak ada ruang yang memadai . Karena itu, melalui program Diaspora Malaka pulang kampung, bisa ada ruang bagi semua pihak.

“Kita di Malaka tiap tahun selalu mengadakan upacara Hamis Oan sekitar bulan Maret-Mei. Momentum itu bisa digunakan untuk mengundang setiap perantau Malaka, agar pulang kampung dan didaulat menjadi duta wisata Malaka di tempat tinggal mereka masing-masing,” ujarnya.

“Dalam momentum Hamis bisa digunakan untuk menyerap aspirasi dan kontribusi para perantau, bagi kemajuan kabupaten Malaka. Saya sudah membangun komunikasi yang intensif dengan perantau Malaka yang menyebar di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri dan semuanya menyambut baik ide ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Dapat Pinjaman Tinta dan Film, Pelayanan e-KTP di Malaka Kembali Normal

“Saya optimis bahwa Malaka memiliki potensi yang luar biasa, terkait pariwisata dan bila dikembangkan secara baik akan menggairahkan ekonomi kreatif pada masyarakat Malaka. Warga Malaka bisa terlibat aktif sebagai pelaku pariwisata yang dampaknya bisa menggairahkan ekonomi masyarakat dan bisa jadi sumber devisa bagi Malaka,” tuntasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top