RAGAM

Lagi, Imigrasi Timor Leste Deportasi 12 WNI

ATAMBUA, KilasTimor.com-Ketiadaan dokumen perjalanan ke Timor Leste, pihak Imigrasi Batugade, Distric Bobonaro, Negara Timor Leste kembali mendeportasi (memulangkan) sebanyak 12 Warga Negara Indonesia (WNI), Jumat (1/5).

Ke-12 WNI diantaranya tujuh perempuan dan lima pria itu, langsung dideportasi Imigrasi Batugade ke Imigrasi Indonesia di Pos Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat, Nusa Tenggara Timur.

Informasi yang dihimpun media di lapangan menyebutkan, ke-12 WNI tersebut berasal dari wilayah Kabupaten Belu, Malaka dan Timor Tengah Utara. Selama ini bekerja di Batugade dan diamankan pihak Imigrasi karena tidak memiliki dokumen lengkap seperti pasport dan visa kerja.

Diketahui, ke 12 WNI itu masuk ke wilayah Timor Leste sejak bulan Maret lalu, melalui jalur yang tidak resmi, atau tidak sesuai prosedur (jalan tikus) di Silawan yang berbatasan langsung dengan Batugade, Timor Leste.

Kepala Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kantor Imigrasi di Pos Mota’ain, Eka yang dikonfirmasi, membenarkan adanya deportasi WNI oleh Imigrasi Timor Leste di Batugade ke Imigrasi Indonesia.

“Ia benar, ada 12 WNI yakni, 7 perempuan dan 5 laki-laki yang dideportasi oleh Imigrasi Timor Leste kemarin,” ucap dia, Sabtu (2/4).

Eka mengatakan, usai deportasi tersebut pihak Imigrasi Indonesia langung mengembalikan ke 12 WNI ke masing-masing wilayahnya.

Diketahui, sebelumnya pada bulan Maret lalu, Imigrasi Batugade, Timor Leste telah mendeportasi sebanyak 18 orang WNI. Pemulangan WNI itu dikarenakan tidak memiliki kelengkapan dokumen pasport serta penyalagunaan visa. (yan)

Baca Juga :   Bupati TTU Minta Pempus Bangun Embung di Pulau Timor
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top