RAGAM

Mahasiswa Undana Kunjungi Pusat Kerajaan Wesei Wehali di Laran, Betun

BETUN, Kilastimor.com-Sebanyak 360 Mahasiswa FKIP Jurusan Sejarah, UNDANA Kupang, NTT, melakukan kunjungan pada rumah-rumah adat di Laran, Betun, Kabupaten Malaka.

Mahasiswa Undana Kunjungi Pusat Kerajaan Wesei-Wehali,di Laran, Betun, Malaka

Mahasiswa Undana Kunjungi Pusat Kerajaan Wesei-Wehali,di Laran, Betun, Malaka

Beberapa rumah adat penting yang sempat dikunjungi yakni Tafatik Makoa Rai, Tafatik Bot, Tafatik Marilia, Rumah Adat Maromak Oan, Kuburan Putri Bungsu dari 7 bidadari dan Wematan Maromak.

Hal itu disampaikan Pembantu Dekan III FKIP Undana, Melki Taneo kepada wartawan di Laran-Betun, Sabtu (30/5).

“Tadi kita bersama seluruh mahasiswa mengunjungi berbagai rumah adat di laran serta situs-situs sejarah yang penting, dan harapan kita bisa membuka ruang bagi diskusi untuk membedah sejarah dan budaya di Wesei-Wehali,” ujarnya.

“Para mahasiswa dipandu langsung oleh Raja Liurai Malaka didampingi para Loro dan Fukun serta Makoan, untuk memberikan penjelasan yang dibutuhkan terkait peran rumah-rumah adat itu serta beberapa situs bersejarah lainnya, seperti kuburan putri bungsu dan Wematan Maromak (Mata Air Keramat di Laran). Ini adalah fakta-fakta sejarah yang akan dijadikan bahan diskusi untuk membedah sejarah dan peradaban di Kerajaan Wehali,” bebernya.

“Para mahasiswa saat ini masih mendiskusikan dalam bentuk kelompok yang dipimpin langsung oleh Liurai, Loro, para fukun dan Makoan. Kita harapkan banyak hal yang bisa digali dan dipelajari dari fakta-fakta sejarah yang ada,” jelasnya.

Liurai Malaka, Dominikus Kloit Tey Seran kepada pers menyatakan pihaknya bersama para loro, Fukun dan Makoan berusaha memberikan informasi sesuai kebutuhan mahasiswa. “Kita harapkan dengan adanya kunjungan ini bisa menyadarkan masyarakat Malaka, bahwa kita memiliki kekayaan sejarah dan adat istiadat serta budaya yang harus kita jaga, kembangkan dan lestarikan demi masa depan anak cucu Malaka,” pungkasnya. (oni)

Baca Juga :   Satgas Pamtas RI-RDTL Gelar Khitanan Massal di Kewar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top