RAGAM

Malaka Perlu Dibangun dengan Basis Budaya

BETUN, Kilastimor.com-Kabupaten Malaka adalah kabupaten baru sehingga perlu dibangun dengan dasar yang kuat, yakni berbasis budaya masyarakat setempat. Pengembangan Malaka kedepan yang harus diperbaiki pertama adalah SDM baru infrastruktur wilayah dan ekonomi masyarakat. Penegasan itu disampaikan bakal calon Bupati Malaka, Harry Lawalu kepada pers usai melakukan pendaftaran di Sekretariat Partai Hanura di Besikama, Jumat (15/5).

“Malaka ini ibarat bayi yang baru lahir sehingga membutuhkan asupan-asupan makanan bergisi supaya bertumbuh dengan baik dan normal menjadi anak yang cerdas dan sehat. Jadi landasan dan fondasi yang kita gunakan adalah budaya kita sendiri sebagai fondasi,” ujarnya.

“Pengembangan Malaka kedepan yang harus diperbaiki pertama adalah SDM sebagai pelaku dan subyek pembangunan. SDM-nya dibangun dan ditata sehingga dalam melaksanakan pembangunan bisa bagus sesuai harapan bersama,” bebernya.

“Kalau SDMnya sudah bagus maka yang diperhatikan kedua adalah infrastruktur wilayah Malaka yang dibangun dari desa ke kota dan perbaikan infrastruktur utama sebagai jalan masuk dan keluar Malaka. Kita harus fokus membangun infrastruktur guna mempercepat arus transportasi barang dan orang,” jelasnya. “Setelah itu baru kita pikirkan bagaimana melengkapi daerah ini supaya berkembang kokoh dan kuat secara ekonomi. Investasi perlu dilakukan untuk mempercepat pembangunan dibidang ekonomi melalui usaha penanaman modal dan pemberdayaan kepada masyarakat supaya bisa sejahtera,” paparnya.

“Intinya Malaka itu perlu dibangun melalui tahapan-tahapan perencanaan yang baik sesuai situasi dan kondisi masyarakat disini. Kita yakin kalau Malaka itu diurus bagus oleh orang yang tepat maka akan tumbuh dan berkembang lebih baik dan pesat, dibanding daerah-daerah lain di NTT,” tandasnya. (oni)
Percakapan Obrolan Berakhir

Baca Juga :   Sensus Ekonomi, Warga Diminta Memberikan Informasi yang Benar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top