POLITIK

Malaka Perlu Kembangkan Keunggulan Komparatif dan Keunggulan Kompetitif

BETUN, Kilastimor.com-Malaka sebagai Kabupaten Perbatasan dengan Timor Leste dan Australia, merupakan representasi Indonesia di perbatasan, yang memiliki kedudukan yang sangat strategis.

Selain letak geografis dan potensi penduduk dengan aneka budaya dan etnis, bahasa dan agama sangat memungkinkan wilayah ini dapat diberdayakan dalam proses pembangunan. Dengan karakteristik wilayah seperti itu, maka diperlukan pendekatan specifik dibarengi kerja sama dan keterpaduan dalam berbagai kegiatan pembangunan, dengan mengembangkan keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif.

Penegasan itu disampaikan bakal calon Bupati Malaka, Harry Lawalu melalui telpon selulernya di Kupang, Minggu (17/5).

“Dari sisi potensi sumber daya alam. Malaka memilki peluang cukup besar untuk kembangkan sektor pertanian termasuk peternakan guna mendukung perekonomian wilayah. Dari berbagai sumber daya yang ada maka Malaka memiliki berbagai keunggulan komparatif dibidang pertanian dan peternakan yang dapat diandalkan,” ujarnya.

“Hingga kini Malaka merupakan salah satu kabupaten penghasil utama kacang hijau dan telah menjadi varietas nasional. Dibidang peternakan Malaka sebagai kantong produksi ternak di NTT,khususnya ternak sapi. Apalagi NTT menetapkan ternak sebagai komoditas unggulan dalam bidang ekonomim,” ujarnya.

“Dalam era globalisasi ini selain keunggulan komparatif wilayah, diperlukan pula adanya keunggulan kompetitif yang harus dipacu. Melalui hal itu akan menaikkan produktivitas serta potensi eksport yang merupakan pemicu terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah melalui mekanisme multiplier effect,” tandasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top