EKONOMI

Masalah Ekonomi Jadi Penyebab Terganggunya Laju Pembangunan Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Berdasarkan hasil kajian terhadap kinerja pembangunan sampai tahun 2012, terdapat beberapa masalah yang diidentifikasi sebagai penyebab terganggunya laju percepatan Pembangunan di Kabupaten Malaka. Dan salah satu spesifikasi masalah yang dapat dideteksi ada di bidang ekonomi. Karena itu, harus mendapatkan perhatian serius. Penegasan itu disampaikan Bakal Calon Bupati Malaka dari Paket Hati Manukakae, Harry Lawalu kepada wartawan, Jumat (22/5).

“Sebagai Kabupaten hasil pemekaran, masih rendahnya kinerja ekonomi kabupaten Malaka terindikasi dari, pertama, rendahnya produktivitas penduduk yang terlihat dari rata-rata pendapatan perkapita tahun 2013, baru mencapai Rp 5.770.083 (harga berlaku), masih berada dibawah rata-rata pendapatan perkapita NTT sebesar Rp 7.569.168.
Kedua, pengeluaran perkapita per bulan pada tahun 2013 terendah di NTT yaitu Rp 501.803 (NTT 612.880.). Ketiga, masih terdapat 2.412 rumah tangga sangat miskin, dan 2.940 rumah tangga miskin,” ujarnya.

“Keterbatasan daya dukung sumber daya alam, yang ditunjukkan oleh cukup luasnya topografi berbukit dengan dan pada kemiringan lereng rawan erosi, longsor dan banjir . Pola usaha yang sering kurang konsisten dengan kelayakan ruang sehingga dapat menyebabkan terjadinya degdarasi lingkungan dan bencana alam,” tambahnya.

“Ketersediaan komoditas ekspor dalam skala kecil dan menyebar serta pola dan pengelolaan usaha yang ada di Malaka, belum sepenuhnya berorientasi pasar, sehingga sulit memiliki keunggulan kompetitif yang memadai, dalam memasuki AFTA dan globalisasi perdagangan,” jelasnya. (oni)

Baca Juga :   Pemkab Malaka Rekrut Tenaga Pertanian Sebagai Pendamping Desa
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top