RAGAM

Pemkab dan KPU Belu Tandatangani NPHD Dana Pilbup

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu, menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dana Pilbup.

Penandatanganan NPHD itu berlangsung di Kantor Bupati Belu, Selasa (19/5) itu, dilakukan Penjabat Bupati Belu, Wellem Foni dan Ketua KPU Belu, Marthin Bara Lay.

Marthin Bara Lay kepada wartawan mengatakan, penandatangan NPHD, akan menjadi dasar pencairan dana, dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Belu, pada 9 Desember mendatang.

“NPHD sudah diteken oleh Penjabat Bupati Belu dan KPU. Jadi untuk anggaran Pilbup Belu sudah aman tinggal pelaksanaan selanjutnya,” ungkap dia, Rabu (20/5) di Atambua.

Dikatakan, secepatnya KPU akan mengajukan ke KPN, guna pencairan dananya. Untuk pencairannya akan dilakukan secara bertahap. Proses tersebut sesuai dengan tahapan Pilbup yang telah diagendakan KPU Belu. Sesuai regulasi pelaksanaan Pilbup serentak tahun 2015 dengan didanai oleh APBN.

“Awalnya kami ajukan estimasi dananya senilai Rp 16 miliar. Tapi ketika disesuikan dengan regulasi, Pilbup hanya digelar satu putaran maka dana yang dianggarkan hanya Rp 13 miliar. Itupun juga masih akan disesuaikan dengan regulasi yang terbaru lagi,” sebut Bara Lay.

Berdasarkan agenda jelas dia, tahapan Pilbup akan dilanjutkan dengan proses pelantikan PPK. Selanjutnya langsung diikuti dengan Bimtek bagi 5 orang PPK per 12 Kecamatan. Sehingga total seluruhnya berjumlah 60 orang dan 3 orang PPS per 81 desa/Kelurahan sehingga totalnya berjumlah 243 orang.

Selanjutnya kata dia, akan dilakukan sosialisasi terkait pencalonan dan untuk calon perseorangan akan dilakukan verifikasi terhadap dukungan. kemudian proses dilanjutkan dengan pemutakhiran data penduduk sebagai pemilih.

“Nantinya pemutakhiran itu akan dilakukan cross check dengan pemilih Kabupaten Malaka, sehingga tidak bisa dobel terdaftar sebagai pemilih di Belu maupun Malaka. Dan untuk antisipasi pendobelan pendaftaran tersebut, maka ada aplikasi khusus untuk mengecek data pemilihnya,” ucap Bara Lay. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top