RAGAM

Pemkab Malaka Harus Tetap Bayar Tunggakan Gaji Teko

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka harus tetap membayar tunggakan gaji tenaga kontrak (Teko), yang sudah bekerja selama empat bulan terakhir. Kalau Pemkab tidak membayar, maka akan memberikan contoh kurang bagus bagi masyarakat dari aspek aturan ketenagakerjaan. Apapun alasannya teko yang sudah bekerja, harus tetap dibayar supaya tidak menimbulkan keserahan baru dalam birokrasi Malaka. Penegasan itu disampaikan Ketua Komisi Akselerasi Nasional, Lodi Lukas kepada wartawan di Betun, Rabu (20/5).

“Prinsipnya teko yang sudah bekerja, harus dibayar karena faktanya mereka sudah melaksanakan tugas dan bekerja selama empat bulan terakhir (Januari-April). Kalau pemerintah cuci tangan dan tidak membayar karena persoalan teknis administrasi, itu bukan alasan mendasar. Berani rekrut dan pekerjakan pegawai artinya mereka harus dibayar lantaran sudah melaksanakan tugasnnya. Pemkab jangan buat blunder baru yang meresahkan teko yang sudah bekerja,” ujarnya.

“Kita juga mempertanyakan kenapa belum siap kog bisa rekrut teko. Ini ada apa sehingga orang yang sudah direkrut dan bekerja lalu tidak dibayar. Pemerintah perlu mengambil langkah-langkah strategis, untuk bisa membayar hak teko yang sudah bekerja dan melaksanakan tugas. Ini lembaga pemeritah sehingga cara kerjanya juga harus profesional dan memberikan teladan yang baik, dengan membayar gaji teko yang sudah bekerja. Jangan buat masalah baru di Malaka karena kabupaten ini masih baru dan lagi membangun,” bebernya.

Baca Juga :   Dianggap Sebagai Beban Perusahaan, Direktur PDAM Belu Rumahkan 21 Karyawan Magang

“Sebaiknya pemkab Malaka mengambil langkah strategis dan simpatik supaya tunggakan pembayaran teko itu diselesaikan dengan cara yang baik. Kalau teko yang sudah bekerja dan mereka masih diminta lagi untuk mengembalikan uang yang sudah dipakai, karena tugas yang dikerjakan itu sangat tidak cerdas dan langkah mundur. Pemkab Malaka tentu punya solusi yamg baik untuk menyelesaikannya tanpa harus mengorbankan pekerja yang sudah mengabdi,” pungkasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top