RAGAM

Penjabat Bupati Malaka Teken SK 1.800 Teko

BETUN, Kilastimor.com-Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere akhirnya menandatangani SK bagi 1.800 teko di Malaka. Penandatangan itu dilakukan pada 30 April 2015 lalu, dan efektif berlaku pada 1 Mei 2015. Dengan demikian, pembayaran honor Tenaga Kontrak (Teko) Januari hingga April 2015 tidak dapat dilakukan pemerintah. Sementara pengeluaran untuk gaji teko yang sudah bekerja sejak 1 Januari hingga 30 April 2015, harus disetorkan kembali ke kas negara.

Penegasan itu disampaikan Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere kepada wartawan di Betun, Selasa (19/5).

“SK teko sudah ditandatangani Penjabat Bupati dan efektif pemberlakuan SK itu mulai tanggal 1 Mei 2015. Teko itu sudah didistribusikan kepada setiap SKPD sesuai permintaan dan kajian SKPD yang membutuhkan tenaga. Kita harapkan setiap SKPD yang mendapatkan teko supaya bisa mengoptimalkan teko, guna melancarkan kegiatan dan pekerjaan di SKPD yang bersangkutan,” ujarnya.

“Saya hanya bisa menandatangani SK Teko mulai 30 April sehingga efektif berlaku pada bulan Mei. Teko bisa dibayar mulai bulan juni. Saya tidak bisa tanda tangan SK itu dari bulan Januari 2015, karena itu bukan kewenangan saya mengingat saya baru dilantik jadi penjabat bupati Malaka baru pada tanggal 24 April lalu. Kita sudah konsultasikan hal itu dengan BPK, tetapi tidak diizinkan,” ujarnya.

“Konsekuensinya, gaji teko selama Januari hingga April tidak bisa dibayarkan dan pengeluaran teko selama bulan Januari hingga April harus ditanggung setiap SKPD sebagai pengguna tenaga dan uang yang terlanjur dipakai teko, harus disetorkan kembali oleh SKPD ke kas negara,” tandasnya.

Baca Juga :   Kades se-Malaka Tengah Studi Banding di Desa Kohod

“Saya minta kepada semua SKPD yang ditempatkan teko, supaya bisa mengoptimalkan teko guna melancarkan kegiatan setiap SKPD. SKPD harus bertanggung jawab menggunakan tenaga kontrak demi memperlancar dan mendukung kinerja di setiap KPD,” pungkasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top