RAGAM

Rusak, Pemkab Malaka Didesak Urus Ruas Jalan Umasukaer-Nurobo

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka didesak segera memperbaiki ruas jalan Umasukaer-Nurobo sepanjang 33 km, untuk pemperlancar arus transportasi barang dan orang keluar dan masuk Malaka. Pasalnya, ruas jalan itu sudah rusak parah itu, tidak diperhatikan selama 11 tahun terkahir. Selama ini jalan itu hanya diperbaiki dengan perkerasan saja, padahal ruas jalan itu menjadi urat nadi perekonomian empat kecamatan di Malaka.

Penegasan itu disampaikan Tokoh Masyarakat Sasitamean, Marselinus Laka kepada media ini di Kaputu, Sabtu (2/5).

Laka mengatakan bahwa ruas jalan itu selama ini diterlantarkan padahal menjadi jalan utama dari provinsi atau Kabupaten Belu menuju Malaka, pasca putusnya jalan Wemer. “Kita 4 kecamatan yakni Sasitamean, Io Kufeu, Botin Leobele dan Laen Manen juga masyarakat Malaka pada umumnya, sangat membutuhkan perbaikan ruas jalan itu, dalam tahun ini. Kalau dibiarkan tidak terurus maka masyarakat akan susah dan roda perekonomian masyarakat bisa mandeg,” sergahnya.

“Kami lihat selama ini petugas hanya datang survey setiap tahun, tetapi realisasinya nol besar sehingga tetap menjadi pertanyaan masyarakat,” terangnya.

“Ini jalan utama yang menghubungkan Malaka dengan kabupaten lain, di sektor tengah dan juga menghubungkan Malaka dan Kota Atambua. Tiap tahun dimusim penghujan, jalan ini tetap jadi alternatif utama masyarakat, keluar masuk Malaka maupun menuju kabupaten lain di daratan Timor.

Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere,SH kepada wartawan mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi bahwa tahun ini, ruas jalan itu diperbaiki sepanjang 12 km. Dari umasukaer menuju Kaputu akan dibangun 6 km dan nurobo menuju umasukaer akan dibangun 6 km. Saya baru dapat informasi dari propinsi dan teknisnya silahkan konfirmasi dengan Dinas PU,” sebutnya. (oni)

Baca Juga :   Letkol Inf. Yudi Gumilar Jadi Dandim 1618/TTU
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top