POLITIK

Sahabat Fokus Tingkatkan Ekonomi Rakyat, Pendidikan, dan Pengembangan Birokrasi

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Belu, Willy Lay-J.T Ose Luan, dengan tagline Sahabat terus memperkenalkan visi misinya. Terbaru, pasangan tersebut memaparkan visi dan misinya dihadapan pengurus Partai Golkar Belu, beberapa waktu lalu.

Bakal Calon Bupati Belu, Willy Lay pada kesempatan itu mengemukakan, visi paket Sahabat yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Belu yang berkualitas, mandiri, demokratis dan berbudaya.

Adapun misinya yakni, pertama, Meningkatkan kualitas SDM manusia Belu lewat sektor pendidikan, kesehatan dan mental serta spiritual.

Kedua, paket Sahabat akan memberdayakan ekonomi rakyat (di kawasan perbatasan) melalui bebara program, diantaranya, a, pengembangan ekonomi berbasis desa, yang memprioritaskan potensi lokal dan kearifan lokal. b, pembangunan infrastruktur perbatasan berbasis RT/RW dan pelestarian lingkungan hidup, (c) meningkatkan kualitas kehidupan keluarga, pemberdayaan perempuan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

Ketiga, Penataan birokrasi daerah dan penegakan hukum (internal) guna mewujudkan pemda yang bersih, berwibawa dan tidak KKN.

Pasangan Sahabat jelasnya, akan fokus pada ketiga misi prioritas diatas, sambil berusaha keras utk menciptakan dan mengoptimalkan peluang atau potensi ekonomi lokal yang sederhana (teknologi murah) seperti pengelolaan kunyit, nenas, ubi kayu, kelompok pemecah batu dengan mesin-mesin sederhana/murah

Disamping itu, paket tersebut akan fokus untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang mudah, murah dan cepat, untuk kepentingan investasi dan dunia usaha, serta dokumen warga untuk keperluan pribadi.

Baca Juga :   Pemkab Malaka Perlu Buat Kajian Komprehensif Soal Benenain

“Intinya ekonomi kreatif dan industri kreatif berskala lokal akan didorong agar berkembang dan warga memiliki peluang yang sama untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan perkapita.

Untuk pengembangan SDM, paket Sahabat akan memberikan perhatian khusus kepada siswa, guru, pemuda dan kelompok masyarakat yg berprestasi utk skala nasional dan internasional

Paket Sahabat paparnya, merupakan kombinasi praktisi dunia usaha dan praktisi birokrasi, yang sangat memahami betul tantangan, hambatan, peluang serta potensi Belu, termasuk dinamika Sosial politik dan sosial ekonomi, sebagai pintu gerbang negara dari serbuan Iptek dan budaya asing maupun persaingan pasar. Karena itu, semua sisi pembangunan akan dibenahi dan tingkatkan pada masa kepemimpinan, ketika dipercaya masyarakat. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top