RAGAM

Waduk Rotiklot Belu Terbesar Ketiga Setelah Tilong dan Raknamo. Farry: Mohon Dukungan untuk Pembangunan Waduk ini

ATAMBUA, Kilastimor.com-Ketua Komisi V DPR RI, Farry Djemi Francis sangat mendukung rencana pembangunan Waduk Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Timor Barat, NTT. Karena itu, dia mengharapkan dukungan masyarakat Kabupaten Belu terkait rencana ini.

Disela-sela kunkernya di lokasi pembangunan Waduk Rotiklot, Rabu (13/5), Farry Francis menuturkan, waduk ini akan dibangun selama tiga tahun menggunakan APBN sebesar Rp 450 miliar. “Paling lambat tahun ini peletakan batu pertama dan mulai dibangun. Tahun 2017 nanti, waduk sudah selesai dan bisa dimanfaatkan masyarakat,” ungkap dia.

Dikatakan, waduk Rotiklot ini akan menjadi waduk terbesar ketiga setelah Tilong dan Raknamo di Kabupaten Kupang, Provinsi NTT dan terbesar di Kabupaten Belu dan Malaka. Daya tampung air mencapai 2,9 kubik. “Nanti waduk ini akan diresmikan Pak Presiden Jokowi. Untuk masalah hutan kita sudah urus dengan Kementerian Kehutanan dan itu menjadi tanggungjawab pihak Kementerian Pekerjaan Umum,” ucap Politikus Partai Gerindra itu.

Jelas Farry, waduk ini sudah dirancang, selain untuk pengendali banjir, juga untuk kebutuhan listrik, pertanian, sawah dan objek pariwisata. Karena itu, masyarakat harus dukung pembangunannya. “Kalau waduk ini sudah dibangun, masyarakat jangan tidur. Tapi harus manfaatkan dengan baik untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Belu,” harap dia.

Kepala Desa Fatuketi Markus Taus berharap, dalam tahun ini waduknya Rotiklot segera dibangun. Waduk ini akan melayani 6 desa di pesisir pantai dalam wailayah Belu, dan desa tetangga di TTU.

Baca Juga :   HUT Kota Kupang, Walikota Undang DPR RI dan DPD Dapil II NTT

Untuk diketahui, total lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan waduk Rotiklot dan bangunan pelengkap lainnya mencapai 64,04 Ha. Kali Rotiklot mencapai 6,60 Km, luas daerah aliran sungai mencapai 11,60 Km, dimana total tampungan air sebesar 2,93 juta kubik, Luas daerah genangan air bakal mencapai 17,90 Ha. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top