RAGAM

28 Ribu Warga Belu Belum Rekam KTP Elektronik

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kurang lebih 28 ribu warga Kabupaten Belu, Timor Barat, Nusa Tenggara Timur, sampai saat ini belum melakukan perekaman e-KTP.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belu, Wilibrodus Leto saat dihubungi di ruang kerjanya, Sabtu (6/6/2015).

Menurut Leto, sesuai data Disdukcapil Kabupaten Belu, sebanyak 144.159 orang diwajibkan untuk rekam e-KTP dan yang belum melakukan perekaman e-KTP itu ada kurang 28-an orang. “Dari hasil evaluasi rakernas kemarin di Kupang, kita Belu masuk dalam perengkingan pertama yang sudah lakukan perekaman e-KTP,” ujar dia.

wilibrodus Leto

Wilibrodus Leto

Dikatakan, proses perekaman e-KTP di Kabupaten Belu sedikit mengalami kendala, lantaran alat perekaman yang masih kurang. Kendati demikian pihaknya terus melakukan pelayanan dan di Kecamatan hanya perekaman sementara cetaknya di Kantor Dinas.

“Alat pencetakan kita hanya 1 unit saja. Dalam satu hari kita melayani sekitar 80-100 pencetakan dan semua proses e-KTP terpusat di kantor Dinas,” sebut Leto.

Dijelaskan, sesuai amanat UU no 24 tahun 2014, sejak tangg 31 Desember lalu KTP non elektronik sudah tidak berlaku lagi. Sementara data orang meninggal, pihaknya memerintahkan Kecamatan dan Desa untuk verifikasi data dan dimulai sejak 12 juli sampai 8 Desember. “Setelah itu datanya kita serahkan ke KPU dan hal itu untuk hindari penyalagunaan pendobelan data disaat pencoblosan,” ungkap dia.

Baca Juga :   Realisasi Belanja Kabupaten Malaka Baru 8 Pesen. SKPD Diminta Proaktif

Kendati sebagian bahan seperti blanco dan tinta yang akan diambil pekan depan di Jakarta, pihaknya tetap mengutamakan pelayanan e-KTP bagi warga sehingga tidak terjadi kemacetan. “Semoga proses perekaman ini lancar dan sebelum Pilbup Desember mendatang, semua warga sudah miliki KTP elektroniknya,” harap Leto. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top