RAGAM

416 Keluarga Duka di Kota Kupang Terima Santunan Kematian

KUPANG, Kilastimor.com-Program pemerintah Kota Kupang dalam rangka membantu keluarga miskin beruapa santunan kematian bagi keluarga duka, sudah berjalan sejak bulan Januari hingga hingga saat ini.

Logo Kota Kupang

Logo Kota Kupang

Hingga Juni 2015, Pemkot telah menyerahkan santunan kematian kepada 416 Keluarga yang tidak mampu pada enam kecamatan, di Kota Kupang.

Demikian dikatakan Skretaris Dispendukcapil, Hendrik Kaborang, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (3/6).

Menurut dia, sesuai pendataan dari Dispendukcapil untuk Kota Kupang, terdapat 866 orang yang meninggal di Kota Kupang sepanjang 2015. Sebanyak 450 orang berasal dari keluarga mampu, dan 416 orang berasal dari keluarga tidak mampu. Pemerintah hanya mengalokasikan santunan kematian kepada 461 keluarga tidak mampu tersebut.

Dia mengaku, alokasi anggaran yang telah dikeluarkan untuk santunan bagi 416 keluarga tidak mampu, sebesarRp. 1 miliar 40 juta, dari total Rp 2,5 miliar. “Anggaran yang disediakan Pemerintah Kota Kupang untuk seribu kematian,” jelasnya.

Sementara disinggung langkah antisipasi terkait bantuan kematian yang melebihi kuota 1.000 kematian pada 2014 lalu, Kaborang mengatakan, diperkirakan tahun 2015 terjadi lagi kelebihan kuota bantuan, sebagaimana terjadi pada 2014 lalu. Oleh karena itu, Dinas akan mengajukan anggaran tambahan pada perubahan anggaran tahun 2015. Namun besarannya masih akan dibahas bersama.

“Yang pasti kami akan menyiapkan anggaran tambahan. Jumlahnya masih akan dibahas bersama, tapi alokasi tambahan mungkin hanya sedikit saja,” kata Kaborang. (rif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top