RAGAM

BOS Harus Dikelola Sesuai Juknis

BETUN, Kilastimor.com-Pengelolaan Biaya Operasional Sekolah (BOS) harus sesuai juknis dan peruntukannya. BOS bukan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan guru, tetapi untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan di sekolah termasuk kebutuhan siswa.

Penegasan itu disampaikan Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere dihadapan orang tua murid, guru dan tokoh masyarakat saat menyerahkan surat Izin Operasional Sekolah di Haerain, Kecamatan Malaka Barat, Sabtu (20/6).

Donatus Bere

Donatus Bere

“Kita perlu luruskan soal pengelolaan dana BOS karena selama ini terkesan dibagi-bagi secara merata untuk mensejahterakan guru-guru. Ini sangat keliru, karena harusnya pengelolaan dana BOS dilakukan sesuai dengan juknis. Kita akan menertibkan semua itu, sehingga pemanfaatan dana itu sesuai peruntukannya. Kalau kesejahteraan guru itu sudah ada pos-posnya melalui berbagai tunjangan yang diterima guru selama ini. Kita harapkan praktek-praktek yang keliru harus diluruskan supaya pengelolaan dana BOS dikembalikan sesuai peruntukannya,” ujarnya.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah seharusnya pengelolaan BOS sesuai juknis. Kita harapkan dinas teknis tetap melakukan pembinaan dan pemantauan pemanfaatan dana BOS, supaya tepat sasaran dan bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan,” ujarnya.

Kadis PKPO Malaka, Aleks Seran secara terpisah kepada wartawan mengatakan pihaknya selama ini sebelum melakukan proses pencairan dana BOS, selalu memberikan pelatihan dan sosialisasi terkait juknis dana BOS. “Kita akan optimalkan pembinaan dan pengawasan penggunaan dana BOS melalui manager BOS dan cabang-cabang dinas yang menyebar di berbagai Kecamatan. Kesalahan dalam pengelolaan dana BOS, akan berdampak hukum dan sudah menghantarkan banyak orang ke penjara. Kita tetap komit melakukan pembinaan dan pengawasan secara berjenjang sehingga pemanfaatan dana BOS sesuai juknis dan peruntukannya,” pungkasnya. (oni)

Baca Juga :   Tundukan Holland B FC, Scorpion Juara Grup D
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top