RAGAM

Gejolak di Timor Leste, Satgas Pamtas Perketat Pengamanan Perbatasan Indonesia-Timor Leste

ATAMBUA, Kilastimor.com-Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL dari Batalyon Infanteri 514/Raider-Kostrad, memperketat pengamanan di sepanjang garis wilayah perbatasan Negara Indonesia dan Timor Leste.

Pengetatan wilayah perbatasan Indonesia itu untuk mewaspadai serta mengantisipasi terjadi efek menyusul terjadinya persoalan internal dalam negara Timor Leste beberapa pekan terakhir.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas Sektor Timur, RI-RDTL, Letkol (Inf) Muhammad Nas dalam acara coffee morning bersama wartawan Belu di Mako Satgas, Rabu (3/6) lalu.

Letkol (Inf) Muhammad Nas

Letkol (Inf) Muhammad Nas

Jelas Nas, perketat penjagaan wilayah perbatasan itu permintaan pimpinan dan kita tetap selalu waspada, dengan apa yang terjadi di negara tetangga Timor Leste.

Nas mengemukakan, jika memang terjadi pergolakan pasti akan ada imbasnya ke wilayah negara Indonesia. Sejauh ini kondisi perbatasan teritorial tetap kondusif dan personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, Yonif 514/Raider tetap melakukan kegiatan rutin.

“Namun kita tetap antisipasi dan tetap tingkatkan pengamanan di wilayah perbatasan. Saya sudah perintah personil di setiap Pos perbatasan supaya tetap waspada dengan kemamanan,” ujar Nas.

Kaitan dengan adanya kasus penyerobotan lahan Indonesia oleh warga Timor Leste di Lakmaras yang dijadikan lahan perkebunan beberapa waktu lalu, pihak Satgas Yonif 514 Raider sudah mendapatkan informasi dan langsung menyusuri lokasi dan ditemukan patok tetap ada.

“Kasusnya terjadi sejak bulan Januari lalu dan sudah ditangani Pemerintah. Bagi warga perbatasan, kalau ada hal-hal yang berkaitan dengan perbatasan jangan utamakan hukum adat, tapi gunakanlah hukum negara karena itu menyangkut urusan bilateral dua negara,” pungkas Danyon 514 Raider itu. (yan)

Baca Juga :   Resmi..Jeriko Pimpin DPD Demokrat NTT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top