NASIONAL

Jokowi Berani Pangkas Subsidi BBM, Tapi Takut Rombak Kabinet

JAKARTA, Kilastimor.com-Mantan anggota MPR periode 1997-1999 M Said Didu mengaku heran dengan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terkesan ragu-ragu untuk merombak kabinet. Pasalnya, dia selama ini menilai Jokowi sebagai sosok pemimpin yang berani dan bernyali besar.

Joko Widodo

Joko Widodo

Said mengatakan, keberanian Jokowi terlihat dari keputusannya mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM). Meski sangat banyak pihak yang menentang, Jokowi tetap menjalankan kebijakan tidak populer itu.

“Presiden dan wakil itu bernyali besar. Hanya orang bernyali yang mengubah subsidi BBM,” ujarnya dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (27/6).

Menurutnya, jika Jokowi ingin merombak kabinet, maka harus dilakukan sesegera mungkin. Pasalnya, jika menunggu terlalu lama, kebijakan reshuffle akan menjadi tidak ada gunanya. “Kalau diganti 2 tahun lagi mending enggak usah,” tegas Said.

Meski begitu, lanjut Said, bukan berarti reshuffle dilakukan secara sembarangan. Dia tetap mengingatkan Jokowi perlu ada perencanaan matang sebelum merombak jajarann pembantunya.

Salah satu yang harus disiapkan Jokowi adalah kriteria calon yang diinginkan untuk memimpin sebuah kementerian. Menurutnya, hal ini tidak terlihat saat Jokowi menyusun formasi Kabinet Kerja dulu. (net)

Baca Juga :   Bengkel APPeK dan HI Gelar Diskusi Kampung di Desa Oelatimo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top