RAGAM

Kepala Puskesmas Sikumana Dapat Lampu Kuning dari Kadis Kesahatan Kota Kupang

KUPANG, Kilastimor.com-Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Kupang, I Wayan Ari Wijana berikan lampu kuning bagi Kepala Puskesmas (Kapus) Sikumana, karena tidak memberikan pelayanan kepada warga Kelurahan Sikumana dan sekitranya.

“Tidak beroperasinya Puskesmas Rawat Inap Sikumana selama seminggu terakhir, membuat warga kelurahan Sikumana, dan kelurahan sekitar mengeluh, hanya karena persoalan bak penampung bocor, sehingga tidak ada air. Karena kerusakan itu, pelayanan tidak dilakukan. Atas perintah Walikota untuk melakukan monitoring ke Puskesmas tersebut, saya sudah turun ke Puskesmas tersebut. Saya sudah berikan teguran bagi kepala Puskesmas dan seluruh petugas di Puskesmas tersebut,“ kata Ari Wijana, kepada wartawan di kantornya, Rabu (3/6).

Menurut dia,Puskesmas tersebut tidak ditutup, namun hanya karena bocornya bak penampung, sehingga air tidak ada. Akibatnya, warga yang datang ingin berobat,dirujuk ke Puskesmas terdekat. Namun hal ini sudah diselesaikan.

“Saya sudah panggil kepala Puskesmasnya, dan saya juga telah melakukan monitoring ke sana. Bak tersebut sudah diperbaiki dan diisi air, sehingga sudah tidak ada masalah. Namun hal ini tetap dilakukan evaluasi bagi kepala puskesmas, hingga pelaksana program.

Ari Wijana

Ari Wijana

Sebelumnya, Warga Sikumana, Ely Manafe dan Kristian Etidena mengaku sangat heran dengan penutupan puskesmas, karena ketidaktersediaan air bersih.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air di Puskesmas itu, jika ada niat baik dari pengelola puskesmas. Bisa air air tangki sewaan atau lewat mobil tangki milik pemerintah. Tapi herannya, kenapa hal itu tidak dilakukan, malah pihak puskesmas lebih memilih menutup pelayanan kesehatan. (rif)

Baca Juga :   Inspektorat Malaka: Kami tidak Bisa Keluarkan Rekomendasi untuk Mantan Kades
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top