POLITIK

Lima Kabupaten Ada, Tiga Kabupaten Lowong Calon Perseorangan

BETUN, Kilastimor.com-Pendaftaran pasangan perseorangan untuk maju dalam pilkada sudah ditutup KPU di 9 kabupaten di NTT. Dari 9 Kabupaten yang menggelar pilkada di NTT itu, lima kabupaten terdapat pasangan perseorangan, karena memenuhi syarat dukungan minimal, sehingga diterima KPU. Sedangkan 3 kabupaten lainnya tidak terdapat bakal calon perseorangan, karena tidak lolos verifikasi dukungan minimal, sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada.

Bagi pasangan perseorangan yang gagal mendaftar karena gugur, bisa maju lagi dan mendaftar melalui pintu partai politik.

Hal itu disampaikan Juru Bicara KPU Provinsi NTT, Yosafat Koli disela acara Sosialisasi KPU Provinsi NTT terkait pilkada Malaka di Betun, Rabu (17/6).

Yosafat Koli

Yosafat Koli

Lima Kabupaten terdapat bakal calon melalui jalur perseorangan atau independen antara lain, Kabupaten Sabu Raijua sebanyak dua paket, Sumba Barat satu paket, Manggarai Barat satu pasangan, Manggarai satu paket, dari tiga paket yang mendaftar dan Kabupaten Ngada sebanyak satu pasangan.

Paket yang lolos seleksi dukungan minimal paparnya, akan mengikuti lagi seleksi faktual dilapangan sesuai jadwal yang akan ditentukan kemudian.
“Tiga Kabupaten yang lowong pendaftaran melalui jalur independen yakni Kabupaten Malaka, Belu dan TTU, karena saat verifikasi awal saat melakukan pendaftaran, tidak memenuhi persyaratan minimal seperti yang diminta,” bebernya.

“Bagi bakal calon bupati yang ditolak saat pendaftaran, karena tidak memenuhi syarat ujarnya, bisa mendaftarkan diri melalui jalur partai politik sesuai jadwal yang ditentukan KPU. Mereka bisa mendaftarkan diri. Kecuali bagi mereka yang sudah diterima, namun dalam uji faktual di lapangan tidak memenuhi persyaratan, maka tidak bisa mendaftarkan diri lagi melalui pintu parpol,” tuntasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top