RAGAM

Mensos Bawa Beras dan Ikan Kering Untuk Warga Oebelo, Kualin, TTS

SOE, Kilastimor.com-Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa pada Rabu (17/6) menyempatkan diri bertemu dengan warga Desa Oebelo Kecamatan Kualin dan warga Desa Toineke Kecamatan Kualin yang menjadi korban bencana gagal tanam dan gagal panen akibat cuaca yang tidak menentu sehingga mengalami kekeringan.

Dihadapan warga di dua desa tersebut Menteri Khofifah menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo. Menurut Mensos Khofifah bahwa Presiden Joko Widodo memiliki perhatian yang mendalam terhadap gagal tanam dan gagal panen di Kecamatan Kualin dan Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), sehingga begitu mendengar soal kabar ini, Presiden Jokowi langsung mengutus dirinya untuk memberikan bantuan kepada warga.

Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa

“Dalam sidang kabinet, beliau langsung menugaskan Menteri Sosial ke sini. Tadi malam pun, beliau menelepon saya untuk memastikan bahwa ada cadangan pangan yang cukup, yang sekiranya bisa diberikan kepada masyarakat yang mengalami gagal panen dn kekeringan,” kata Khofifah.

Lebih lanjut kata Mensos, pemerintah memiliki cadangan beras yang cukup untuk dibagikan kepada warga yang terkena dampak kekeringan tersebut.
“Jika beras cadangan dari Kabupaten kurang maka akan diambil beras cadangan Provinsi dan jika beras cadangan Provinsi habis maka Mensos akan memberikan beras cadangan pemerintah pusat. Jadi stok beras saya cukup untuk mengatasi masalah rawan pangan di TTS ini,” jelas Mensos Khofifah.

Baca Juga :   Laga Pers Soe dan PSK Kupang Berakhir 0-0

Pada kunjungan tersebut , Mensos Khofifah membawa serta bantuan pemerintah berupa 24 ton beras, 12 karung ikan kering, 800 dus mie instan, 24 dus kecap manis, dan 21 dus minyak goreng sebagai upaya tanggap darurat.

Sedangkan untuk penanganan jangka panjangnya, Mensos menyampaikan bahwa sesuai dengan hasil rapat Kabinet, Presiden sudah memerintahkan Menteri PU dan dan Menteri Pertanian untuk memberikan bantuan berupa pembuatan sumur bor, embung, dan irigasi. (pap)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top