RAGAM

Menteri Perindustrian Kembangkan Tenun Ikat NTT

KUPANG, Kilastimor.com-Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin berencana lakukan pengembangan tenun ikat di NTT, dengan bekerjasama dengan Undana Kupang. Pasalnya, selama cukup banyak anak NTT lebih banyak belajar teknik industri di Jogja dan Bandung.

Hal ini dikatakan Saleh Husin kepada wartawan di Kupang, Minggu (6/6) kemarin. Menurutnya, dengan adanya kerjasama dengan Undana nantinya anak-anak NTT tidak lagi perlu belajar ke luar daerah, tetapi mereka tinggal belajar di Undana.

“Dengan kerjasama dengan Undana, maka mereka tidak perlu lagi susah-susah keluar daerah untuk belajar, namun mereka tinggal belajar di Undana dengan tidak perlu membuang biaya besar untuk keluar daerah,” ungkap pria asal Rote ini.

Saleh Husin

Saleh Husin

Dia mengatakan, dengan pelatihan di Undana, maka tinggal mereka kemabli ke daerah masing-masing untuk mengembangkannya. “Dengan sudah terlatih teknik indsutri secara baik di Undana, maka tentunya model dan kualitas akan lebih baik, dan sendirinya nilai jual kaun tenun akan lebih tinggi,“ ujarnya.

Dia menambahkan, tenun ikat di NTT sangat kaya motif, karena masing pulau memiliki masing motif yang berbeda serta dipengaruhi latarbelakang budaya dengan filosifi tersediri. (rif)

Baca Juga :   BI Sosialisasi Pengenalan Keaslian Uang Rupiah
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top