RAGAM

Pemkab TTS Terbitkan Tiga Perbup, Sebagai Rujukan Pengelolaan Dana Desa

SOE, Kilastimor.com-Untuk menunjang pengelolaan dana Desa, Pemerintah Kabupaten TTS telah melahirkan tiga Peraturan Bupati masing-masing Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, Peraturan Bupati Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Keuangan Desa dan Peraturan Bupati Tentang Penghasilan Tetap Perangkat Desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Ardi Benu kepada wartawan disela-sela penyusunan Ranperda Tentang Pemilihan Kepala Desa dikantor BPMPD Kamis (11/6).

Kabupaten TTS

Kabupaten TTS

“Sebagai pedoman pengelolaan keuangan desa, kita sudah selesai menyusun 3 buah Perbup yang nantinya akan digunakan para pengelola keuangan desa nanti,” jelas Ardi Benu.

Menurut Ardi Benu, ke-3 Perbup tersebut penting bagi pengelola dana desa, dan dijadikan sebagai pedoman dan pentunjuk dalam pengelolaan dana, agar benar-benar sesuai dengan peruntukannya.

Dia menambahkan bahwa dana desa untuk 266 Desa di TTS berjumlah Rp 29 miliar. Kini dana tersebut sudah masuk di rekening Pemkab TTS.
“Dana sudah ada di rekening Pemkab sebanyak Rp 29 miliar untuk 266 Desa,” jelas Ardi Benu.

Namun Pemerintah Kabupaten belum menyalurkan dana tersebut ke 266 desa karena 3 (tiga) Perbup baru ditandatangani Bupati, Paul Mella pada Jumat (5/6) lalu.

Lebih lanjut dikatakan bahwa bukan hanya dana desa saja yang dikelola oleh pemerintahan di desa, tetapi ada beberapa sumber dana yang diterima oleh desa seperti Alokasi Dana Desa, Dana Bantuan Pemerintah Provinsi dan Dana Bagi hasil pajak.
Mekanisme pengelolaan dana tersebut merujuk pada 3 Peraturan Bupati tersebut.
“Ada beberapa sumber dana yang dikelola oleh desa, yaitu ADD, Dana Desa, Dana Bantuan Pemprov dan dana bagi hasil. Dan pengelolaan dana -dana tersebut tentunya mengacuh pada ke- 3 Perbup tadi,”jelas Ardi yang diamini oleh Yusak Banunaek. (pap)

Baca Juga :   Ini Perjuangan Ny. Almira Lopez Bisa Menyekolahkan Dua Anaknya Hingga Lulus Sarjana
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top