TIMOR

RTRW Malaka Ditolak Provinsi. Perlu Dilengkapi Pemutakiran Data, Fakta, Analisa dan Penyusunan KLHS

BETUN, Kilastimor.com-Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Malaka ditolak Pihak Pemerintah Provinsi saat dilakukan asistensi. Hal ini terjadi karena tidak didukung fakta analisis yang akurat, dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka diminta menyiapkan kedua item itu, baru bisa kembali melakukan asistensi ulang, pada akhir tahun ini. Penegasan itu disampaikan, Kepala Bappeda Malaka, melalui Kabid Fisik dan Prasarana (Fispra) Bappeda Kabupaten Malaka kepada wartawan di Betun, Sabtu ( 6/6).

Logo Malaka

Kabid Fispra Bappeda Malaka, Herman Klau kepada wartawan mengatakan secara administrasi, sebetulnya RTRW Malaka sudah siap dan lengkap karena sudah ada laporan fakta analisa, album peta, naskah akademik dan Ranperda RTRW Kabupaten Malaka,” ujarnya.

“Kita kecolongan saat asistensi di provinsi. Ada beberapa kelemahan dalam fakta analisa. Dalam struktur ruang kita cantumkan rencana pembangunan bandara dan pelabuhan laut, tetapi dalam laporan fakta analisa tidak ada gambaran detail tentang hal itu, padahal kita sudah cantumkan dalam struktur ruang,” ujarnya.

“Kita juga jadi korban UU tentang PPLH dimana hirarki perencanaan pembangunan (RTRW) harus dinilai dari Kajian Lingkungan Strategis (KLHS) yang harus dimulai dari KRP (Kebijakan Rencana Program) pemerintah, yang berdampak jangka panjang. Tujuannya supaya program pemerintah itu berkelanjutan dan mempertimbangkan masa depan anak cucu,” bebernya.

“Salah satu persoalan yang dihadapi sebelum perda RTRW ditetapkan maka ranperda RTRW dan semua lampirannya harus dibahas di propinsi untuk mendapatkan rekomendasi Gubernur NTT, baru dibawa ke forum rapat nasional di tingkat pusat, untuk mendapatkan persetujuan baru dikembalikan ke legislatif untuk dibahas dan ditetapkan sebagai perda,” jelasnya. (oni)

Baca Juga :   Bupati Malaka Resmi Surati Kemenpan-RB Terkait Tes CPNS
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top