RAGAM

Serangan Hama Ulat Kian Meluas, Dinas Pertanian Malaka Minta Intervensi Pemprov NTT

BETUN, Kilastimor.com-Serangan hama ulat pada lahan pertanian sawah milik petani Desa Kletek, semakin meluas ke lahan pertanian di desa Suai dan desa tetangga lainnya. Serangan itu sangat unik karena hama menyerang pada biji tanaman padi, yang sudah mulai menguning dan berpotensi menurunkan produktifitas hasil panenan.

Untuk mengatasi hal itu, pemkab Malaka melalui dinas pertanian telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi NTT untuk membantu obat-obatan pembasmi hama.

Ilustrasi Hama Ulat

Ilustrasi Hama Ulat

Kadis Pertanian Malaka, Petrus Bria kepada wartawan di Betun, Selasa (16/6) mengatakan, dalam dua hari terakhir kita memantau perkembangan serangan ulat pada tanaman padi masyarakat, ternyata pergerakan hama itu semakin cepat dan menyerang biji padi yang lagi menguning.

Dengan persediaan obat-obatan yang ada, kita sudah melakukan penyemprotan pada lahan-lahan petani yang terserang hama ulat itu, dan sesuai laporan petugas di lapangan ternyata pergerakan hama itu semakin cepat dan mulai merambah lahan pertanian lain di desa tetangga, sehingga diperlukan penanganan yang lebih intensif.

“Tadi kita langsung berkomunikasi dengan provinsi untuk memberikan bantuan obat-obatan dan disanggupi. Pagi ini petugas kita langsung ke Kupang, mengambil obat-obatan itu, guna melakukan pemberantasan hama ulat supaya tidak terus meluas ke tempat lain,” tandasnya. (oni)

Baca Juga :   DPRD Malaka Diminta Evaluasi Perjalanan Dinas
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top