RAGAM

Taneo: Fakta Sejarah Akan Dikaji Lagi di Kampus

BETUN, Kilastimor.com-Kunjungan Mahasiswa Jurusan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Undana, diharapakan dapat merekam semua dokumen dan menghimpun semua informasi penting, terkait fakta-fakta sejarah, bukti dan informasi dari nara sumber, sebagai bahan kajian di Kampus.

Liurai Dominikus Kloit Tei Seran sedang memberi penjelaskan tentang Kerajaan Wesei-Wehali, kepada mahasiswa Undana, beberapa waktu lalu.

Liurai Dominikus Kloit Tei Seran sedang memberi penjelaskan tentang Kerajaan Wesei-Wehali, kepada mahasiswa Undana, beberapa waktu lalu.

Studi lapangan selama empat hari di Malaka, diharapkan bisa memberikan informasi yang cukup bagi mahasiswa, supaya bisa melakukan kajian-kajian dan proses pembelajaran untuk mengetahui sejarah dan budaya kerajaan Wesei-Wehali.

Harapan itu disampaikan Pembantu Dekan III FKIP, Undana, Melki Taneo kepada wartawan sebelum kembali ke Kupang, Senin (1/6).
“Kita selama empat hari melakukan pertemuan dengan masyarakat adat baik Liurai, Loro, Fukun dan Nai di Malaka. Kita sudah berproses dan merekam informasi dari nara sumber selama studi lapangan dan hasilnya akan dibawa ke Kupang, untuk dipelajari di kampus. Dari sana mahasiswa bisa mempelajari rentetan peristiwa sejarah dan budaya kerajaan Wesei-Wehali,” ujarnya.

“Mahasiswa akan mendapatkan pemahaman yang utuh tentang peradaban dan karakter-karakter kehidupan di masa lampau. Karakter yang dibangun dalam konteks kekinian, sehingga harus disesuaikan dengan nilai-nilai budaya dan alur budaya,” imbuhnya.

“Kalau ada perbedaan cara pandang sangat dihargai dalam sejarah dan dianggab sebagai kekayaan sejarah namun dibalik semuanya itu ada nilai dan tujuan bersama seperti nilai patriotisme, gotong royong, sopan-santun, saling menghargai satu sama lain. Itu adalah kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan,” pungkasnya. (oni)

Baca Juga :   BKPSDM Tetap Layani Pendaftar di Sabtu dan Minggu
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top