RAGAM

Tujuh Prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL Terima Penghargaan dari Danrem

ATAMBUA, Kilastimor.com-Sebanyak tujuh orang prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL, Sektor Timur dari Batalyon Infanteri 514/Raider-Kostrad mendapat penghargaan dari Komandan Korem (Danrem) 161 Wira Sakti Kupang, Brigjen (TNI) Achmad Yuliarto, Kamis (11/6/2015) di Pos Lintas Batas (PLB) Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu, Timor Barat.

Ketujuh prajurit yang mendapatkan penghargaan itu diantaranya, Lettu Inf. Irvan Nugraha Rodin, Lettu Inf. Supriyadi, Letda Inf. Suryadi, Serka Masdar, Sertu Abdul Latief, Serta Edi Sugiarto dan Serda Rudi Kurniawan.

Danrem bersama prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL

Danrem bersama prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL

Penghargaan itu diberikan atas prestasi ketujuh prajurit, yang sudah berhasil menyadarkan warga perbatasan akan bahaya menyimpan senjata api. Hasilnya, warga setempat menyerahkan senjata api secara sukarela.

“Saya sangat bangga dan apresiasi untuk kinerja prajurit Satgas Pamtas Yonif 514 yang berprestasi. Meski baru enam bulan bertugas sudah berhasil menyadarkan hati rakyat, dan mendapat 14 pucuk senjata apinya,” ungkap
Danrem 161 Kupang dalam arahannya.

Menurut Yuliarto, selain telah berhasil merebut hati rakyat, prajurit Yonif 514/Raider juga telah melaksanakan tugas tambahan kemasyaratan dengan baik. Selain itu selama enam bulan bertugas menjaga wilayah perbatasan tidak ada berita miring tentang kesatuan tersebut.

“Keberhasilan ini menunjukkan bahwa, prajurit yang bertugas sebagai Satgas bukan datang untuk menakuti warga melainkan hidup bersama, karena TNI itu sendiri berasal dari rakyat,” ujar dia.

Prajurit Satgas Pamtas Yonif 514/R masih akan bertugas dalam beberapa bulan kedepan. Oleh karena dihimbaukan kepada warga perbatasan yang masih menyimpan senjata api agar menyerahkan senjatanya.

“Warga jangan takut dan ragu-ragu dengan prajurit. Serahkan saja senjatanya tidak apa biar aman dan kita jamin jaga identitasnya. Penyerahan senjata itu juga bagian dari upaya membantu ciptakan suasana yang kondusif di wilayah perbatasan,” terang dia.

Dihadapan puluhan Prajurit Yuliarto mengungkapkan dalam waktu dekat dirinya akan pindah tugas ke Mabes TNI sebagai wakil asisten personalia Panglima TNI. Dirinya berjanji untuk tetap memberikan perhatian bagi prajurit di wilayah perbatasan, sehingga bisa melaksanakan tugas dengan nyaman. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top