POLITIK

VIAR Gugur, Pilkada Belu Tanpa Pasangan Perseorangan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu dalam plenonya, Senin (15/6) malam lalu, menggugurkan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Belu, Vinsensius B. Loe dan Alfons L. Manek, dari jalur perseorangan atau independen. Pasangan itu digugurkan, lantaran berkas dukungan terhadap paket dengan tagline VIAR, tidak memenuhi syarat yang ditentukan.

A. Marthin Bara Lay

A. Marthin Bara Lay

Ketua KPU Belu, A. Marthin Bara Lay ketika dihubungi wartawan, Selasa (16/6/2015) di ruang kerjanya mengatakan, paket Viar digugurkan mengacu pada Peraturan KPU Belu No. 08/Kpts/KPU Belu/2015 tentang pentetapan hasil penelitian administrasi terhadap dokumen dukungan pasangan calon perseorangan dalam Pilbup dan Wabup 2015.

Dikatakan, berkas dukungan dalam bentuk soft copy yang diserahkan sebelumnya, sebanyak 21.197, dari jumlah penduduk Belu sebesar 217.956 jiwa.

“Semula berkas dukungan yang diserahkan Senin sore berupa data soft copy sebanyak 22.197 pendukung. Namun setelah dihitung ulang hard copy-nya, oleh tim verifikasi KPU Belu, ternyata format B.1 KWK perseorangan hanya 17.622 pendukung dan jumlah dukungan berupa foto copy KTP dan KK sebanyak 15.708,” ungkap dia.

Saat pemeriksaan itu, jelas Bara Lay, tim verifikasi KPU melibatkan tim perseorangan untuk melakukan perhitungan ulang seluruh berkas dukungannya, hingga tiga kali. Namun setelah dihitung jumlah dokumennya tetap tidak sesuai dengan yang diserahkan.

“Harusnya data softcopy dan hardcopy itu sinkron, tapi saat dihitung datanya tidak sama. Paket VIAR tidak memenuhi syarat, karena itu dengan sendirinya gugur,” ucap dia.

Baca Juga :   Bangun Jalan Lingkar Luar, Pemkab Malaka Alokasikan Rp 20 Miliar

Bara Lay menuturkan, sesuai jadwal pembukaan penyerahan berkas sejak tanggal 11 sampai 15 Juni. Sebelumnya pihak KPU Belu telah melakukan koordinasi sejak awal dengan tim pasangan perseorangan tersebut, untuk memasukan berkas sejak awal, sehingga apabila ada kesalahan bisa dikembalikan untuk dilengkapi.

“Kita sudah sampaikan sejak beberapa waktu lalu agar berkasnya dimasukan hari pertama. Namun tim baru serahkan berkas di hari terakhir pada pukul 16.00 Wita. Sehingga tidak ada masa lagi bagi pasangan perorangan untuk perbaiki,” kata dia.(yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top