RAGAM

Batu Akik Fatubenao, Belu Kian Menarik untuk Dikoleksi

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kabupaten Belu, yang berbatasan langsung dengan Timor Leste memiliki potensi batu akik yang sangat bagus. Selain batu akik Silawan yang telah booming, kini muncul batu akik Fatubenao yang memiliki banyak jenis batu.

Batu akik itu didapat dari lahan kebun milik seorang warga di Fatubenao, Kelurahan Fatubenao. Sebagian besar batu tersebut sudah melewati proses poles yang sudah menjadi batu cincin, sementara sebagian lainnya masih dalam bentuk bongkahan.

Batu Akik Fatubenao, Belu, NTT, Indonesia

Batu Akik Fatubenao, Belu, NTT, Indonesia

Adapun koleksi batu akik Fatubenao itu antara lain, batu kasuari, kalimaya timor (khas belu), fosil kayu, panca warna, junjung drajat, badar kayu asam serta beberapa jenis lainnya yang memiliki keunikan.

Berdasarkan pengamatan wartawan media ini, Kamis (2/7/2015), batu yang kini menjadi buruan sebagian besar warga itu berada persis di jalur Haliwen sebelum TPM Seroja, Kelurahan Manumutin.

Hence pemilik batu tersebut saat ditemui di kediamannya mengemukakan, bongkahan batu akik yang dimilikinya diperolah dari daerah Belu khususnya di Fatubenao.

“Kita punya potensi batu akik yang bagus. Buktinya batu-batu yang saya miliki ini ternyata tidak kalah saing dengan batu di daerah lain,” ungkap dia.

Jelas Hence, batu akiknya sebagian besar telah jadi batu cincin yang dikoleksi dan juga siap dijual. Diakunya hingga saat ini belum ada satu batupun yang terjual dibeli warga. “Ada pembeli dari luar daerah yang sudah pernah tawarkan bongkahan pancawarna, tapi saya belum menjualnya,” ujar dia.

Baca Juga :   Prihatin dengan Bom Kampung Melayu, LPSK Jamin Hak-hak Korban Bom

Selain peminat dan mengoleksi batu, Hence memiliki mesin pemotong serta pemoles batu sendiri. Batu akik yang yang telah menjadi batu cincin dikerjakannya sendiri, selain itu juga dirinya memiliki teknik khusus perawatan batu akik maupun bongkahan.

“Kita jual batu cincin yang sudah jadi dan lengkap dengan ringnya. Ada juga yang bongkahan dan mengenai harganya akan disesuaikan dengan jenis batu yang dijual,” pungkas Hence. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top