POLITIK

Benarkah SBS-DA dan Tabe Head to Head di Malaka?

BETUN, Kilastimor.com-Pelaksanaan Pilkada Malaka berpeluang satu lawan satu atau head to head, jika parpol dan paket tidak proaktif melakukan terobosan dan lobi politik, untuk menambah jumlah paket yang bertarung.
Kalau skenario itu yang terjadi, maka paket SBS-DA dan TABE yang berpeluang melakukan pertarungan head to head dalam pilkada 9 desember mendatang.

Pemilukada

Pemilukada

Penegasan itu disampaikan Ketua Biti Bot Malaka, Edmundus Klau kepada wartawan di Betun, Kamis (2/7).

“Kalau saya amati situasi politik di Malaka yang dikaitkan dengan dukungan parpol terhadap kandidat maka peluang head to head semakin terbuka lebar, karena parpol terlihat mencari aman dan kurang kreatif mengelola paket yang mendaftar. Mereka cendrung diam menunggu proaktifnya paket. Kalau di Malaka kita lihat paket yang sangat proaktif mendaftar pada partai-partai besar adalah paket SBS-DA dan TABE. Kalau kedua paket itu lebih proaktif melobi parpol, maka akan menutup ruang bagi paket lain diakomodir partai politik,” ujarnya.

“Kita hanya mendengar informasi bahwa paket SBS-DA mendaftar di beberapa parpol besar seperti PDIP, Golkar, Nasdem, Demokrat dan beberapa partai lainnya. Sementara itu TABE juga mendaftar pada Gerindra, PKB, PAN dan beberapa partai lainnya. Kalau mengkristal dan tidak ada pergerakan yang lebih besar, maka peluang head to head tidak terhindarkan,” bebernya.

“Kita berharap menjelang penetapan pintu parpol ada sikap proaktif parpol guna mencairkan suasana politik yang membuka ruang bagi penambahan figur yang ikut bertarung. Kita berharap dalam penetapan parpol di Malaka bisa mengusung tiga paket dan juga bisa empat paket. Kuncinya hanya ada pada kemauan partai politik melakukan terobosan politik. Kalau polanya masih seperti sekarang maka peluang head to head akan terjadi dan paling banter naik jadi tiga paket, yang akan bertarung dalam pilkada,” tandasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top