RAGAM

Bupati Bere Dukung Pembukaan SMPN Kelas Jauh Babotin

BETUN, Kilastimor.com-Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere mendukung pendirian pembukaan kelas jauh SMPN Babotin dari SMPN Rafau di Kecamatan Laenmanen. Pembukaan kelas jauh SMPN Rafau di Babotin, dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat tiga Desa di Babotin. Hal itu disampaikan Tokoh adat Babotin, Yerem Runa kepada wartawan usai bertemu penjabat Bupati Malaka di Betun, Kamis (23/7).

Donatus Bere

Donatus Bere

“Tadi kita sudah bertemu dengan Penjabat Bupati Malaka di ruangannya, bersama kepala sekolah SMPN Rafau. Kita menyampaikan niat itu kepada bupati melalui pemberitahuan lisan dan secara tertulis kepada Bupati dan Dinas PKPO Malaka terkait niat dan rencana itu,” katanya.

Secara prinsip orang tua adat, tokoh masyarakat dan pemerintah di tiga desa sangat mendukung rencana itu, untuk mendekatkan layanan pendidikan bagi warga tiga desa di Kecamatan Botin Leobele yakni Desa Babotin, Botin Maemina dan Desa Babotin Selatan. ”

Kita sudah satukan hati dan tekad untuk membuka kelas jauh SMPN Rafau di Babotin, guna mendekatkan pelayanan kepada siswa di tiga desa diatas. Kita bersama beberapa tokoh masyarakat dan kepala sekolah SMPN induk bersama menyampaikan niat baik ini kepada bupati supaya diketahui dan didukung,” tuturnya.

Tokoh Pendidikan Desa Babotin, Andreas Lonis kepada wartawan usai bertemu penjabat Bupati Malaka kepada wartawan mengatakan pihaknya sangat mendukung rencana pendirian kelas jauh di Babotin. “Warga tiga desa sudah menyiapkan lokasi sekolah di wilayah Taeerab seluas 1 ha dan kalau kurang bisa ditambah. Tanah itu dalam waktu dekat akan diserahkan masyarakat 3 desa kepada pemerintah supaya bisa dibangun sekolah SMPN Babotin kedepan. Silahkan diukur dan dijadikan aset pemerintah untuk bangun SMPN di Babotin,” imbuhnya.

Baca Juga :   Batu Akik Silawan Belu, Tembus Pasar Internasional

Kepala Sekolah SMPN Rafau, Martinus Manek, kepada wartawan mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung rencana itu. “Babotin sangat layak dibangun SMPN kedepan dan untuk sementara kita akan membangun kelas jauh untuk persiapkan pendirian SMPN itu kedepan. Kita mendukung karena untuk tahun pertama ini potensi siswa sudah mencapai 60 orang lebih siswa dan masih bisa bertambah. Dukungan tokoh masyarakat dan pemerintah 3 desa juga sangat baik, sehingga kedepannya sekolah itu bisa berkembang. Tadi kita sudah ajukan surat ijin pendirian SMPN Rafau Kelas Jauh Babotin kepada penjabat Bupati Malaka dan secara lisan sudah bertemu penjabat bupati Malaka untuk menyampaikan secara lisan,” paparnya.

Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan hal itu. “Tadi saya sudah terima orang tua adat dari Babotin dan mereka juga mengajukan surat ijin pendirian SMPN Rafau kelas Jauh Babotin dan akan dipelajari, selanjutnya akan ditindak lanjuti dinas teknis. Prinsipnya pemerintah sependapat bila rencana pendirian sekolah itu untuk mendekatkan layanan pendidikan kepada masyarakat dan sesuai aturan yang ada,” tandasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top