RAGAM

Dana Desa di Malaka Segera Dicairkan

BETUN, Kilastimor.com-Dana desa bagi 127 Desa di Kabupaten Malaka, dalam waktu dekat akan dicairkan karena uangnya sudah berada di rekening daerah. Proses pencairannya setelah dilakukan Bimtek.
Syarat utama pencairan, setiap desa harus membuat SPJ tahap akahir 2014, menyiapkan RAPBDes termasuk RKPDes dan RPJMDes.
Penegasan itu disampaikan Kaban BPMPD Malaka, Eduardus Klau kepada wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (4/7).

“Dalam minggu depan kita sudah melakukan bimtek bagi seluruh pengelola dana desa, dan kita juga sudah menyurati semua desa terkait data dan dokumen pendukung terkait proses pencairan dana desa,” ujarnya.

“Walau sudah bimtek dan bila persyaratan yang diminta belum masuk, maka dana tidak bisa dicairkan, karena itu merupakan mandat undang-undang,” ujarnya.

“Kita harapkan kepala desa bersama BPD dan seluruh unsur di desa, segera melakukan rapat terkait pemanfaatan dana desa, yang 70 persen untuk pemberdayaan dan 30 persen untuk operasional. Kalau progrmanya banyak di RKPDes maka ADD itu harus dimanfaatkan seoptimal mungkin, untuk mendanai kegiatan-kegiatan prioritas desa. Kita berharap di desa segera dilakukan musyawarah desa yang melibatkan seluruh elemen masyarakat di desa. Itu bukan musyawarah kepala desa bersama aparatnya. Yang harus diprioritaskan pelaksanaannya adalah program yang termuat didalam RAPBDes yang bersangkutan,” pungkasnya. (oni)

Baca Juga :   Bupati Belu Usulkan Jalan dan Air Bersih. Komisi V akan Lakukan Kunjungan Spesifik ke Belu
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top