RAGAM

Empat Paslon Bupati/Wabup Belu-Malaka Tes Kesehatan di RSU Mgr. Gabriel Manek, SVD

ATAMBUA, Kilastimor.com-Empat pasangan bakal calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Belu dan Malaka jalani tes kesehatan di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, Atambua, Kabupaten Belu, NTT, Rabu (29/7/2015).

Dua pasangan calon bupati/wabup Belu yang menjalani tes medis antara lain, pasangan kandidat Kabupaten Belu yakni, Willybrodus Lay-J.T Ose Luan (Sahabat) dan Ventje J.R Abanit-Bona Bowe (Venna).

Bakal Calon Bupati Belu, Ventje J.R. Abanit, jalani pemeriksaan kesehatan di RSU Mgr. Gabriel Manek, SVD, Atambua.

Bakal Calon Bupati Belu, Ventje J.R. Abanit, jalani pemeriksaan kesehatan di RSU Mgr. Gabriel Manek, SVD, Atambua.

Sementara dua pasangan Calon Bupati Malaka yakni, Taolin Ludovikus- Benny Chandradinata (Tabe) dan Agustinus Klaran-Paulus Seran Bouk (Tulus).

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Balon Cabup-Cawabup, Dr. Suroso menjelaskan, pemeriksaan terhadap para kandidat meliputi, pemeriksaan tanggung jawab. Hal itu dimaksud untuk melihat riwayat apakah para kandidat ada penyakit, baik itu keluarga maupun pribadi masing-masing.

“Selain itu kita juga melihat riwayat penyakit sekarang, apakah akan ada penyakit dekat atau tidak,” ujar dia.

Selanjutnya pemeriksaan fisik, mulai dari kepala sampai kaki, apakah ada kelainan atau tidak. Satu persatu kita memeriksa mulai dari penyakit dalam, mata dan telinga, apakah memakai kacamata atau tidak juga pendengarannya.

“Setelah itu kita tes buta warna, para kandidat bisa melihat perbedaan warna itu tidak. Juga mengenai syarat tes panca indra,” tutur Suroso.

“Kita lanjut pemeriksaan tambahan meliputi foto ronseng dada, rekam jantung, pemeriksaan laboratoium darah dan urine,” tambah Suroso.

Baca Juga :   Angkot Cardinal Terbalik di Nenuk, Belasan Pelajar Luka Parah

Dituturkan, pemeriksaan para kandidat tersebut sesuai rekomendasi dari pihak KPU, dan timnya memeriksa para kandidat kepala daerah Kabupaten Belu dan Malaka. “Tim pemeriksa calon kandidat ini melibatkan ahli bedah, umum, mata, penyakit dalam dan patologi klinik,” jelas dia.

Lanjut Suroso, terkait pemeriksaan para kandidat kalau mau dibilang lengkap jasmani dan rohani tidak seharus lengkap. Kalau hanya untuk memenuhi syarat sehat jasmani sudah cukup. “Tes kesehatannya sampai tanggal 31 Juli. Hasil periksa itu rahasia medis, nanti kita kembalikan ke kpu dan para kandidat,” pungkas dia.

Sementara itu, pasangan kandidat balon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Belu, Falens Pareira – Cyprianus Temu (Fans-Mu) dan pasangan kandidat balon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Malaka, Stefanus Bria Seran – Daniel Asa (SBS-DA) telah menjalani tes kesehatan kemarin. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top