RAGAM

Kodim 1605/Belu dan Apindo Buat Kebun Percontohan Tanaman Jangka Pendek

ATAMBUA, Kilastimor.com-Komando Distrik Militer (Kodim) 1605/Belu, lakukan budidaya tanaman jangka pendek jenis capai, kedelai dan semangka.

Dandim 1605/Belu

Dandim 1605/Belu, Letkol Inf, Moch. Nanang Nazmudin

Budidaya tanaman komoditi cepat panen itu, merupakan kerjasama TNI dan Apindo dengan mengelola lahan masyarakat. Tanaman tersebut ditanam pada lahan milik masyarakat seluas 7 hektare yang berlokasi di Nurobo, Meotroi, Kabupaten Malaka.
Dandim 1605/Belu, Letkol Inf, Moch. Nanang Nazmudin menyampaikan hal itu kepada NTT Online, Jumat (17/7/2015) kemarin.

Menurut Nanang, penanaman jenis komoditi jangka pendek itu bertahap. Penanaman awal yakni, kacang kedelai dan semangka di atas lahan 4 hektare, sementara cabai ditanam diatas lahan 1,3 herkater.

“Bibit tanaman ditanggung oleh pihak Apindo. Kita mulai tanam sejak sebulan lalu dan ini penanaman percontohan kita dan lokasi tanaman sudah ditinjau Penjabat Bupati Belu sebanyak dua kali beberapa waktu lalu,” ujar dia.

Jelas Nanang, pihak TNI ingin memberdayakan masyarakat petani. Melalui budidaya tanaman ini dapat menggugah masyarakat, dengan percontohan menanam di lahan kering ternyata berhasil. Dikatakan, lahan kering itu bisa dimanfaatkan, asalkan ada kemauan untuk berkerja dan mengelola.

“Kita ingin menggugah masyarakat dengan budidaya tanaman ini. Ini bisa jadi motivasi bagi masyarakat petani. Kalau ada lahan kosong yang ditelantarkan, mending dimanfaatkan,” harap dia.

Lanjut Nanang, nantinya hasil panen dari penanaman tersebut akan dipasarkan oleh pihak Apindo. Hasil dari pasaran akan diberdayakan dan dijadikan modal bagi masyarakat petani. (yan)

Baca Juga :   Bupati Malaka Gembira karena Lapangan Umum Betun Siap untuk Pertandingan Malam Hari
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top