RAGAM

KPU NTT Akan Evaluasi KPU Mabar Terkait Pendaftaran Berakhir Ricuh

BETUN, Kilastimor.com-Proses Pendaftaran Balon Bupati/wakil Bupati di Kabupaten Manggrai Barat berbuntut ricuh. Pasalnya, ada partai yang mendaftarkan paketnya dan diterima KPU, keeseokan harinya menarik dukungan dari calon yang sudah didaftarkan, kemudian mendaftarkan lagi kepada pasangan calon lain. Karena terjadi pendobelan, KPU Mabar menolak, sehingga menimbulkan kemarahan warga yang berbuntut kericuhan.

Pilkada

Pilkada

KPU NTT katanya, masih menunggu hingga situasinya tenang baru dilakukan evaluasi untuk tentukan langkah selanjutnya terhadap persoalan itu. Penegasan itu disampaikan Juru bicara KPU Propinsi NTT, Yosafat Koli kepada wartawan di Betun siang tadi.

“Untuk sementara KPU colling down sambil menanti situasi di Manggrai Barat tenang dulu dan kita akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap proses itu, untuk mengkaji apakah dalam proses itu KPU Manggrai Barat melaksanakan tugasnya sesuai ketentuan atau tidak. Kita belum bisa mengambil langkah terkait penyelesaian masalah itu karena situasi di Manggrai Barat belum kondusif. KPU NTT akan mengambil langkah untuk menyelesaikan masalah itu hingga tuntas,” paparnya.

Sesuai peraturan PKPU Nomor 9 Tahun 2015, apabila parpol yang sudah mendaftarkan calonnya, kemudian dinyatakan sah dan resmi diterima KPU, maka tidak bisa menarik dukungan dari calon yang bersangkutan. Jika menarik dukungan dan mendaftarkan bakal calon lain, maka dibenarkan aturan. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top