EKONOMI

Pemkab Malaka Segera Terbitkan Izin Investasi Garam Industri

BETUN, Kilastimor.com-Rencana investasi garam industri di Malaka, NTT, segera terwujud. Pemkab akan segera menerbitkan izin bagi perusahaan, untuk melakukan kegiatannya.
Kabid Penanaman Modal pada Bappeda Malaka, Yohanes Klau ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan pihaknya sudah menfasilitasi perusahaan untuk mengajukan izin pengukuran lokasi pada pemkab Malaka.

Kabupaten Malaka

Kabupaten Malaka

“Surat pengajuan ijin sudah diajukan kepada Penjabat Bupati Malaka dan sudah didisposisi kepada SKPD teknis, untuk memproses izin dimaksud. Kita berharap ijin tersebut bisa segera terealisasi usai liburan Idul Fitri, sehingga perusahaan bisa melanjutkan kegiatannya sesuai tahapan-tahapan perencanaan yang ada,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Komisi Akselerasi Nasional, Lodi Lukas di Betun, Kamis (16/7) mengatakan, Pemkab Malaka diminta segera mempercepat proses pemberian izin kepada investor Garam Industri di Malaka, agar bisa investor segera melakukan lanjutan kegiatan di lapangan sesuai perencanaan yang sudah ditetapkan.
Kalau diulur-ulur maka aktivitas perusahaan terhambat dan citra pemkab juga kurang bagus dihadapan investor dan Pemprov NTT.

“Saya dengar sudah satu bulan lebih perusahaan tidak beraktivitas di lapangan, karena masih menanti izin pengukuran, yang harus dikeluarkan Pemkab. Kalau ijin itu tidak diberikan maka perusahaan tidak akan beroperasi dan secara bisnis akan merugikan perusahaan. Harusnya sebagai mitra, pemkab memfasilitasi untuk percepatan pemberian izin supaya kegiatan di lapangan tetap berjalan dan tidak mandeg. Pemkab juga perlu pertimbangkan karena kegiatan investasi itu juga sudah mendapatkan izin dari Badan Penanaman Modal Provinsi NTT,” ujarnya.

“Rencana Investasi Garam Industri di Kabupaten Malaka merupakan investasi perdana di Malaka, dan akan menjadi contoh bagi investor lainnya menanamkan modal di kabupaten baru ini. Jadi sebagai mitra harusnya pemkab lebih proaktif menfasilitasi perusahaan, supaya cepat beroperasi supaya kegiatan investasi garam segera terwujud ,” bebernya.

“Pemkab harus bisa meyakinkan investor bahwa Malaka juga membutuhkan kehadiran mereka yang ditunjukkan dengan keseriusan pemeberian izin pengukuran lokasi di lapangan,” tuturnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top