RAGAM

Pemkab Malaka Siapkan 17 Ranperda untuk Dibahas Bersama DPRD

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka dalam tahun ini sudah menyiapkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang siap dibahas bersama DPRD Malaka. Pemerintah masih berkoordinasi dengan Badan Legislasi DPRD Malaka, untuk menyepakati ranperda mana saja yang harus mendapatkan prioritas dalam pembahasan. Yang jelas pemerintah akan memprioritaskan ranperda yang bertautan dengan kepentingan mendasar bagi rakyat Malaka saat ini.

Kabupaten Malaka

Kabupaten Malaka

Hal itu disampaikan Kabag Hukum dan Organisasi Setda Malaka, Silvester Leto sebelum melakukan rapat koordinasi dengan Komisi I DPRD Malaka di Betun, Selasa (7/7).

Kabag Hukum dan Organisasi Setda Malaka, Silvester Leto kepada wartawan mengatakan pihaknya akan memprioritaskan pembahasan ranperda tentang pajak dan retribusi daerah, karena karena selama ini masih menggunakan Perda dari Belu sebagai Kabupaten Induk. Retribusi daerah akan dibagi menjadi tiga bagian yakni Jasa usaha, jasa umum dan perizinan tertentu,” ujarnya.

“Masyarakat perlu tahu, ketika ditagih kewajibannya untuk membayar retribusi mereka harus tahu dasar hukumya terutama besaran nominal yang harus dibayar sesuai Perda yang sudah ditetapkan,” bebernya.

“Kita juga akan memprioritaskan pembahasan ranperda tentang pilkades sebagai penjabaran Permendagri 12/2014 tentang Pilkades, dimana salah satu poinnya akan mengatur tentang pilkades serentak di Malaka. Kita akan selenggarakan dalam 3 gelombang sehingga harus ditetapkan dalam Perda. Apa yang kita lakukan itu adalah amanat Undang-Undang yang tidak bisa ditawar, dan harus diprioritaskan pembahasannya dalam tahun ini,” tandasnya. (oni)

Baca Juga :   Besok, Pemda Malaka Umumkan Hasil Seleksi Calon Kades
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top