RAGAM

Pemkot Kupang Mulai Data Siswa Miskin

KUPANG, Kilastimor.com-Pemerintah Kota Kupang mulai melakukan pendataan bagi calon penerima beasiswa miskin, terutama dari warga kurang mampu. Pendataan baru dilaksanakan pada 17 kelurahan dari jumlah 51 kelurahan yang ada.

“Untuk program ini masih 34 kelurahan yang belum memasukan nama penerima beasiswa miskin,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kota Kupang, Jerhans Ledoh mengatakan ini kepada wartawan, di Kupang, Rabu (8/07/2015).

Jerhans Ledoh

Jerhans Ledoh

Jerhans mengatakan, penerima beasiswa yang ditargetkan oleh pemerintah sebanyak 1.000 orang dari kalangan tidak mampu dan untuk sementara baru 17 kelurahan yang sudah memasukan data calon penerima. “Program ini sesuai dengan rencana Pemerintah Kota Kupang akan mengakomodir siswa miskin dari semua kelurahan di Kota Kupang. Alokasi tidak akan merata untuk semua kelurahan. Ada kelurahan yang jumlah penduduk miskinnya sedikit, adapula kelurahan yang jumlah penduduk miskinnya sangat banyak. Maka itu pemberian beasiswa miskin nantinya akan dilihat pada siapa yang betul membutuhkannya, sehingga pemberian bantuan pendidikan bagi si penerima betul bagi orang yang membutuhkan,” tutur Ledoh.

Ledoh mengatakan, dalam pemberian bantuan pendidikan, tentunya ada kriteria yang harus dimasuk oleh penerima beasiswa miskin, yakni keluarga yang mengantongi kartu miskin, keluarga yang tercatat sebagai penerima raskin, penerima program keluarga harapan (PKH), yatim piatu, serta dari panti asuhan.
“Bantuan beasiswa ini tidak saja buat mereka yang baru saja tamat SMA tahun ini, tetapi mereka yang saat ini masih duduk dibangku sekolah yang berasal keluarga tidak mampu, yang memenuhi kriteria, akan mendapatkan bantuan tersebut,” katanya.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Kupang, Jerry Anton Pingak, mendukung kebijakan pemerintah yang merekrut penerima beasiswa miskin dari semua kelurahan di Kota Kupang. Menurutnya, bantuan tersebut harus diberikan secara merata bagi semua warga miskin di Kota Kupang. Ia juga berpesan kepada para pendata nama penerima, agar benar-benar nama yang direkomendasi sebagai penerima bantuan itu, benar-benar dari kalangan keluarga tidak mampu, agar bantuan tersebut tepat sasaran. (rif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top