RAGAM

Penderita HIV/AIDS di Kota Kupang Menurun

KUPANG, Kilastimor.com-Jumlah kasus HIV dan AIDS di Kota Kupang, cenderung menurun dari tahun ke tahun, dan hingga pertengahan 2015, tercatat sebanyak 50 penderita dibandingkan tahun 2014, sebanyak 108 penderita.

“Sesuai data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang ) menunjukan sejak tahun 2000 hingga Maret 2015 yang terinveksi HIV/AIDS ada penurunan,” kata Sekertaris Komisi Penanggulangan AIDS Kota Kupang, Agustinus Quintus Bebok, kepada wartawan di Kupang belum lama ini di kantornya.

HIV/AIDS

HIV/AIDS

Dia menuturkan,menurunkan pendrita HIV dan AIDS dapat dirincikan untuk penderita HIV untuk tahun Maret 2015 sebanyak 38 penderita dan AIDS sebanyak 12 penderita, sedangkan pada 2014 lalu, HIV sebanyak 81 dan AIDS 27 penderita .

“Dari data tersebut adanya penurun dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan para penderita kini mulai sadar untuk memberanikan diri melakukan pemeriksaan di klinik melalui sosialisasi yang terus dilakukan oleh KPA dengan bekerjasama dengan Dinkes Kota kupang serta LSM yang peduli akan persoalan HIV/AIDS,” katanya.

Selain sosialisasi, kata Bebok, KPA juga membentuk Warga Peduli AIDS (WPA) di 51 kelurahan yang ada di Kota Kupang.

“WPA yang dibentuk ini guna dapat membantu melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang bahaya penyebaran HIV/AIDS kepada berbagai elemen masyarakat di wilayahnya masing-masing, melalui pertemuan di tingkat RT dan RW sampai Kelurahan. Unsur yang terlibat dalam WPA dari berbagai golongan elemen masyarakat seperti aparat kelurahan, bidang /tenaga kesehatan, kader Poaysndu, petugas promosi kesehatan,pengurus PMI, tokoh agama, tim pengerak PKK kelurahan, RT/RW, tokoh masyarakat dan juga tokoh pemuda, serta lembaga lain yang peduli terhadap penyakit ini, sepertti yang saat digandeng oleh KPA yakni YTB, Yayasan Flobamora Spot, Perjaungan Sasando Club, dan lembaga Sehati, ” ungkapnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, I Wayan Ari Wijana mengatakan, dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS sampai ke tingkat Kelurahan di Kota Kupang tidak Dinkes tidak bisa berjalan sendiri,tetapi tetap membangun koordinasi dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang.

Menurut Ari Wijana, program penanggulangan HIV/AIDS menjadi tanggungjawab bidang pembrantasan penyakit menular Dinas Kesahatan Kota Kupang. Namun dalam pelaksanaan Dinas tetap membangun kerjasama dengan KPA untuk bersama menangani masalah HIV/AIDS ini. (rif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top