RAGAM

Setelah Dibiarkan Tiga Tahun, Ruas Jalan Eltari Atambua Dikerjakan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Setelah dibiarkan selama tiga tahun terakhir, Ruas jalan Eltari I dan II Atambua, Kabupaten Belu, NTT, dikerjakan. Selain hotmix di jalur protokol menuju Kantor Bupati Belu itu, juga dikerjakan perbaikan jembatan yang ambrol tersebut. Nilai hotmix sendiri mencapai Rp 2.545.885.000, sedang perbaikan jembatan senilai Rp 1.416.320.000.

M.K. Eda Fahik

M.K. Eda Fahik

“Ruas jalur Eltari I dan II sudah dikerjakan jalannya hotmix. Pagu dananya sebesar Rp 2.549.493.000,” ungkap Kepala Dinas PU dan Perumahan, Maria Kornelia Eda Fahik ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (9/7/2015).

Menurut Fahik, proyek pengerjaan jalan hotmix pada jalur Eltari dilaksanakan oleh PT. Bahagia Timor Mandiri dan masa pelaksanaan selama 150 hari terhitung dari tanggal 25 Juni sampai 30 November.
“Sepertinya pengerjaan jalannya akan lebih cepat selesai karena pelaksana hanya konsen di jalur eltari,” ujar dia.

Sementara itu terkait jembatan, Fahik menuturkan pihaknya sudah menggelar tender dan sedang dalam proses pelelangan secara elektronik melalui LPSE. “Kami sudah lepas untuk ditender melalui LPSE. Dana untuk jembatan I dan II dari APBD dengan anggaran sebesar Rp 1.416.320.000,” urai Fahik.

Dikatakan, pengerjaan jalan hotmix dan jembatan Eltari I dan II sama-sama penting, dan tidak bisa diabaikan. Pasalnya, mempunyai fungsi yang sama. Hanya proses perencanaan jembatan yang belum selesai, karena masih dalam proses lelang.

Tambah Eda Fahik, untuk peningkatan jalan dalam kota pihaknya telah lelang 8 paket DAK 2015, dengan nilai kontraknya Rp 11.779.261.000. Adapun 8 paket itu yakni paket ruas jalan Nenuk-Lo’okeu, Nenuk-Tala, Labur-Uarau, Atambua-Taekto’o, Haekesak-Turiskain, Weluli-Nuawain dan Halilulik-Fatubesi.

Baca Juga :   DPRD Ingin DOB Malaka Kuat dan Mandiri

“Kita keterbatasan dana. Total ruas jalan Kabupaten Belu 353,015 kilo meter dan tahun depan kita rencana semua jalan Kabupaten akan dihotmix,” tukas dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top