RAGAM

Siap-siap, Wali Kota Bakal Rombak Kabinet Usai HUT RI

KUPANG, Kilastimor.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang berencana melakukan perombakan para pejabat eselon II, III, dan IV lingkup Pemkot. Rencana itu, kemungkinan dilaksanakan pada pertengahan bulan Agustus, usai perayaan peringatan HUT ke-70 Proklamasi Kemerdekaan RI.
Hal itu dikatakan Wali Kota Kupang Jonas Salean kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (30/7/2015).

Jonas Salean

Jonas Salean

Menurutnya, penundaan tersebut dilakukan karena Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) masih menyusun daftar urutan kepangkatan dan mengatur penempatan pejabat terutama di level eselon III dan IV yang jumlahnya cukup banyak.

Dikatakannya, mutasi yang akan dilaksanakan itu lebih banyak didominasi pengisian lowongan. Mengingat, ada banyak pejabat eselon IV yang sudah memasuki masa pensiun. Selain itu, para pejabat eselon II yang saat ini menempati jabatan sudah cukup lama, yakni sudah tiga tahun. Sehingga, butuh penyegaran agar bisa lebih bersemangat dalam melayani masyarakat.

“Lurah-lurah juga akan diroling, ada juga yang pensiun jadi harus diisi lowongan itu. Kita sudah pantau kinerja mereka selama ini,” kata Salean.

Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang Zeyto Ratuarat mengatakan, mutasi adalah hal yang biasa dalam birokrasi pemerintahan dan menjadi domainnya pemerintah. DPRD hanya memantau pelaksanaannya saja agar berjalan sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Apalagi, setelah berjalan cukup lama, para pejabat sudah saatnya dimutasi agar ada penyegaran dan memberikan semangat baru dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan paling penting adalah mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Baca Juga :   Pertengahan Bulan Juli, Hotmix Ruas Jalan Beianok-Biudukfoho Tuntas

Sementara Sekretaris Komisi I, Adrianus Talli mengatakan, mutasi diperlukan untuk penyegaran. Yang terpenting, dalam penempatannya harus benar dan tepat. Artinya, menempatkan orang yang benar pada tempat yang benar. (rif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top