EKONOMI

Antisipasi El nino, Distambun Belu Siapkan Pompa Air Bagi Petani

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Belu, Remigius Asa mengemukakan, untuk mengantisipasi badai El nino, dinasnya telah menyiapkan pompa air untuk mengambil air pada embung yang telah dibangun.

“Langkah antisipasinya sudah kita ambil. Kita sudah siapkan pompa air dan embung yang telah dibangun sejak 2014 lalu,” ungkap Asa, saat dihubungi di ruang kerjanya, Kamis (6/8/2015).

Remigius Asa

Remigius Asa

Jelas Asa, sejak adanya embung yang dibangun, kondisi lahan pertanian di wilayah Belu saat ini masih stabil dan tidak ada lahan milik para petani yang mengalami kekeringan.

‘Hasil pertanian milik petani Belu sudah dipanen sejak bulan Juli lalu. Sehingga badai El nino yang berdampak kekeringan tidak bisa berdampak pada lahan pertanian,” ujar dia.

Selain itu langkah lain untuk mengantisipasi badai El nino, masyarakat petani di wilayah Belu disarankan untuk memanfaatkan, menggunakan serta menghemat dengan ketersediaan air yang ada.

“Saya minta supaya masyarakat petani manfaatkan dengan sisa air yang ada sesuai kebutuhannya,” ucap dia.

Lanjut Asa, saat ini petugas lapangan kita terus memantau badai El nino yang diprediksi berakhir November. Jika terjadi bencana, kita akan langsung koordinasi dengan instansi badan penangulangan bencana (BPBD).

“Kalau terjadi bencana, itu domainnya ada di badan penanggulangan bencana Kabupaten Belu,” kata dia.

Sementara itu terkait dengan stock pupuk, menurut Asa untuk stock pupuknya di wilayah Kabupaten Belu masih aman. “Sejauh ini pupuk tidak masalah dan tidak langkah,” pungkas dia. (yan)

Baca Juga :   Lyianto: Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara Wajib Dipertahankan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top