EKONOMI

Antisipasi Kekeringan, Pemkab Malaka Optimalkan Irigasi Benenain

BETUN, Kilastimor.com-Untuk mengantisipasi kekeringan yang berkepanjangan di NTT alibat el nino, Pemkab Malaka menginstrusikan kepada dinas teknis terkait untuk mengotimalkan pemanfaatan daerah irigasi Malaka, khususnya mengoptimalkan pemanfaatan DAS Benenain. Selain itu pemkab sudah meminta kepada seluruh SKPD untuk bersiap mengantisipasi kekeringan yang bakal terjadi, termasuk masalah kerawanan pangan.
Penegasan itu disampaikan penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere kepada wartawan di Betun hari ini.

Donatus Bere

Donatus Bere

“Isu kekeringan berkepanjangan di NTT harus kita antisipasi sejak dini. Pemkab Malaka sudah melakukan antisipasi dengan mengintruksikan kepada dinas terkait untuk mengoptimalkan DAS Benenain. Kita sudah minta kepada dinas PU bagian Irigasi untuk menyiagakan petugas pintu air supaya bisa bekerja optimal mengatur air sehingga pemanfaatannya bisa optimal,” bilangnya.

“Kita harapkan potensi air di DAS Benenain bisa diatur dan difungsikan secara baik sehingga bisa bermanfaat bagi petani khususnya petani sawah. Semua petugas pintu air sudah dikerahkan, sehingga potensi air yang ada bisa dioptimalkan pemanfaatannya,” tukas dia.

Ketika ditanya wartawan terkait dampak kekeringan di Malaka. Bupati Bere mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan terkait masalah itu. “Kita sudah meminta kepada petugas untuk melakukan pemantauan di lapangan dan hingga kini belum ada laporan terkait dampak kekeringan yang dialami masyarakat. Yang jelas Pemkab sangat responsip dengan masalah itu dan kita tidak mau kecolongan soal kekeringan,” tambahnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top